Cara Menghapus dan Melindungi Komputer dari Spyware dan Malware

Untitled

Tips n Trik – Ancaman malware dan spyware terbukti bukan isapan jempol, di dunia virus jenis ini menjadi biang kerok dari bobolnya miliaran identitas pemegang kartu kredit.

Dalam beberapa kasus bahkan malware dapat melakukan tindakan kriminal yang jauh lebih brutal dari yang kita bayangkan. Untuk itu perlu mendapatkan perhatian dari Pengguna yang sering menggunakan internet sebagai media belanja, terlebih jika Pengguna menggunakan metode pembayaran dengan kartu kredit atau debit.     SUPERAntiSpyware hadir untuk mengeliminasi perangkat berbahaya bagi komputer tersebut. Sebelum bisa menggunakan aplikasi ini.

  • Sebuah jendela akan muncul seperti gambar di atas. SUPERAntiSpyware memiliki beberapa opsi berguna untuk memerangi aplikasi ‘virus’ yang mengancam. Scan for Harmful Software digunakan untuk mengecek virus seperti spyware, adware, malware, dan lainnya. Klik ikon ‘Scan your computer…’ untuk menjalankannya. Pada versi Pro, Pengguna dapat melihat opsi Scheduled Scanning untuk menjadwalkan scan rutin pada komputer. Setelah dipindai, file dan data yang dicurigai akan masuk ke karantina. Klik ‘Manage Quarantine’ untuk melihat dan menghapus item tersebut.
  • Jika ingin mengubah setting, klik ‘Preferences…’ pada Configuration and Preferences. Jangan lupa untuk selalu meng-update aplikasi ini untuk menjaga kesehatan komputer Pengguna. Secara berkala klik ‘Check for Updates…’ pada Spyware Definition Updates. Segala status pada aplikasi tertera pada bagian kanan bawah.

  • Setelah klik ‘Scan your Computer…’ maka jendela baru akan keluar. Pilih lokasi drive yang ingin dipindai pada box Scan Location. Kemudian pilih antara Quick Scan maupun Complete Scan untuk mulai memindai. Jika ingin melakukan sedikit perubahan, gunakan Custom Scan.
  • Selama pemindaian, semua data yang dicurigai akan ditunjukkan di box sebelah kiri. Pengguna dapat menghentikan proses scanning dengan klik Pause. Untuk melanjutkan, cukup klik Resume.
  • Setelah proses pemindaian selesai, maka akan keluar review dari hasil Scan tersebut. Klik OK untuk masuk ke proses berikutnya.

  • Jendela berikutnya akan menunjukkan data-data yang tertangkap oleh SUPERAntiSpyware. Jika beberapa data Pengguna kenali bukan sebagai virus, klik kanan dan pilih Always Allow Item (Trust Item.) Pengguna dapat me-review kembali melalui Manage Allowed Items yang ada di kanan. Jika terdapat beberapa data, Pengguna dapat memberi tPengguna check, lalu klik ‘Trust/Allow Item(s)” untuk mempercepat proses tadi.
  • Untuk Report False Positive digunakan ketika ada item yang seharusnya tidak terdeteksi sebagai spyware dan Pengguna ingin laporkan ke pihak SUPERAntiSpyware. Untuk laporan yang lebih detil, Pengguna dapat menggunakan Explain Detected Item.
  • Jika sudah selesai me-review, kini Pengguna dapat memberi tPengguna check pada data yang ingin disingkirkan, dan klik Next. Restart komputer Pengguna, dan spyware sudah hilang.

Cukup rumit tetapi sebaiknya tidak menganggap remeh aplikasi ini, atau aplikasi lain yang menawarkan perlindungan dari malware dan spyware karena kedua virus ini sangat berbahaya bagi keamanan privasi Pengguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>