Konversi File PDF, OCR ataupun PDF Terproteksi

Untitled

Tips n Trik – PDF menjadi salah satu format penyimpanan yang banyak digunakan. Sayangnya, limitasi penggunaan PDF membuat banyak orang kesulitan untuk memanfaatkan konten dalam PDF tersebut secara maksimal. Untuk itu, hadir sebuah software bernama Aimersoft PDF Converter Pro. Software ini dapat digunakan untuk mengonversi PDF ke MS Word, Excel, Powerpoint, EPUB, eBook, hingga HTML maupun teks dan gambar.

Terdapat empat fungsi utama yang ditawarkan pada peranti lunak ini, dan kita akan coba ulas satu per satu cara kerjanya. Sekarang langsung ke step by stepnya. Harap diingat bahwa step ini merupakan step untuk beberapa operasi program. Jadi, jangan bingung ya.

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh aplikasinya melalui halaman web berikut: http://www.aimersoft.com/pdf-converter.html

MENGUBAH PDF KE FORMAT LAIN

  • Buka terlebih dahulu software Aimersoft PDF Converter Pro. Kemudian, impor PDF yang ingin dikonversi dengan meng-klik ‘Add Files.’ Software konversi ini dapat memproses hingga 200 file dalam sekali jalan.
  • Piilih kemudian format ekspor akhir dari PDF tersebut. Hasil konversi dapat dilihat pada list di jendela seperti di bawah ini. Klik untuk membuka file tersebut.


MENGUBAH PDF HASIL SCAN (BERUA GAMBAR MENJADI TEKS

  • Lalu, bagaimana jika PDF tersebut ternyata hasil scan? Sebuah fitur dengan label OCR terdapat pada bagian bawah kanan jendela. Aktifkan fitur ini dengan slide hingga tombol menjadi biru. Dengan fitur ini, hasil scan juga akan dikonversi menjadi teks.
  • OCR akan didukung dengan pilihan bahasa yang cukup beragam. Mulai dari Inggris hingga Yunani dapat dikonversi dengan baik.

 

  • Pilih format yang akan menjadi hasil akhirnya dan klik Convert. Hasil konversi kemabli akan muncul seperti di bawah. Pengguna bisa mengatur lebih detil melalui ‘Advanced…’ untuk mengatur resolusi video, frame rate, dan lainnya.


MENGUBAH PDF YANG TERPROTEKSI

  • Tidak perlu takut jika PDF-nya diproteksi dengan encrypted password. Pengguna cukup meng-klik ikon Lock, lalu sebuah box akan keluar. Ketikkan password-nya di box ini. Klik Convert untuk memulai proses konversi.


Software ini juga memiliki beberapa opsi spesifik terkait format hasil akhir konversi. Contoh, pada jenis MS Excel, Pengguna akan menemukan Retain Values Without Formatting yang menjadi opsi default. Jika ingin menggunakan format original PDF, maka pilih Retain Original Formatting of Forms. Nah, sekarang silahkan dicoba dan jangan lupa simak tips-tips lain yang tak kalah oke.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>