Cara Membuat Website Offline Menjadi Online

WEB ONLINE

News – Website sekarang memang menjadi alat penting baik untuk berkomunikasi, menyebarkan informasi, pendaftaran, dan berjualan. Banyak perusahaan, instansi dan lembaga pendidikan yang akhir-akhir ini membutuhkan sarana informasi berupa website, dikarenakan dengan adanya website informasi akan segera menyebar, dan orang yang membutuhkan informasi tidak susah untuk mendapatkannya.

Pada pembangun atau pembuat website terkadang disulitkan dengan adanya desain website yang mungkin kurang sesuai dengan apa yang di harapkan pemesan, sehingga diperlukan uji coba website yang di akses secara gratis dan berbasis online. Pada pembahasan kali ini juga bermanfaat bagi pemula yang ingin mendalami ilmu atau belajar tentang website, terutama dalam proses pendaftaran domain dan hosting. Namun pembahasan kali ini di peruntukkan untuk penggunaan domain dan hosting yang gratis.

Domain dan Hosting yang digunakan kali ini menggunakan fasilitas dari 000webhost yang sudah sering di pakai dan memang fasilitas dan kapasitas yang cukup memadai. Langkah-langkah yang harus di lakukan adalah :

1. Kunjungi website http://www.000webhost.com/ kemudian buat akun dari website tersebut untuk mendaftarkan domain dan hosting mudahnya klik disini untuk Mendaftar atau klik gambar di bawah ini untuk mendaftar.

Web hosting

Setelah itu klik “SIGN UP” melakukan klik daftar diatas akan muncul form seperti pada gambar di bawah ini.

3. Setelah itu Isi semua form yang di minta mulai dari kolom ke dua (yang ada tanda silang merah tidak perlu di isi,

Pengisian dimulai dari :

  •  www. […….] .comyr.com    =>      [……] yang ada pada tanda kurung siku berikan nama unik/nama website yang akan di jadikan alamat di internet, misalkan cobaweb63. Nah, nama tersebut secara otomatis akan di akhiri dengan .comyr.com sebagai inisial domain
  • Lanjutkan dengan mengisi nama, email, dan password. Pengisian nama terserah sesuai dengan keinginan, pengisian email di haruskan menggunakan email yang aktif, karena email pada proses ini sangat penting untuk aktivasi domain pada hosting. Password minimal terdiri dari 6 karakter (harus memuat huruf, angka dan symbol)
  • Kemudian ketikkan teks yang muncul pada website dan jangan lupa lakukan centang pada I agree dan klik create my Account

4. Setelah Akun sukses terbuat, maka website akan muncul atau tampil seperti pada gambar di atas, secara otomatis alamat domain (alamat website), seperti yang tertera pada lingkaran nomor 1, pada lingkaran nomor 2 adalah status tentang website yang akan dibuat. Website dinyatakan siap untuk digunakan ketika status berubah menjadi “Aktif”, apabila status masih “Waiting for Email … “ coba buka email dan lakukan cek pada Inbox atau Spam Email, kemudian cari Email tentang konfirmasi Domain dari 000Webhost.com. Jika telah mendapatkan email konfirmasi tersebut cari tulisan seperti ini “To confirm your registration please click this link … ”, lakukan klik link di bawah tulisan tersebut untuk melakukan konfirmasi email. Jika sudah akan muncul seperti pada gambar di bawah ini.

Tetapi, Jika tidak segera mendapatkan email konfirmasi tunggu sampai 1×24 jam silahkan buka kembali pastinya dengan membuka 000webhost.com kemudian pilih “MEMBER AREA” kemudian login, setelah muncul tampilan seperti diatas lakukan Resend Email untuk mengulang kembali konfirmasi ke email. Tunggu sampai 2x24jam apabila belum mendapat email konfirmasi berarti ada kesalahan dalam pendaftaran domain.

5. Satus diatas masih “Building …”, hal tersebut menandakan website masih dalam proses pembuatan CPanel. Tunggu dan lakukan Refresh Status Berulang kali sampai tampilan sepertidi bawah ini.

6. Setelah Status menjadi active barulah website bisa diolah. Klik “Go To CPanel” untuk meng-upload file htm yang telah di buat. Tampilan akan seperti dibawah ini.

7. Pilih File Manager, kemudian Login

Pada halaman login, username biarkan seperti yang tertulis, dan untuk password masukkan password awal ketika mendaftar. Kemudian klik Continue, dan muncul gambar seperti di bawah ini.

8. Klik folder “public html” dan gambar akan seperti di bawah ini.

Pilih Upload, Kemudian akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

Yang perlu di perhatikan pada halaman ini, ada beberapa langkah yang harus benar-benar di perhatikan. Yang pertama, terdapat Nomor satu adalah diperuntukkan mengupload file utama yang bernama “index.htm” file harus bernama index, agar bias di eksekusi. Hal kedua yang perlu di perhatikan nomor dua pada gambar diatas tempat untuk meng-upload file pendukung yang terdapat pada folder yang sebelumnya sudah dijadikan dalam format .zip terlebih dahulu.

Setelah File ”index.htm”  dan file zip “index_file.zip” ditunjuk, kemudian klik centang warna hijau yang terdapat pada nomor 3. Tunggu proses upload selesai.

“YANG PERLU DI CEK SEBELUM MELAKUKAN KLIK CENTANG WARNA HIJAU, PASTIKAN KONEKSI TIDAK LEMOT DAN FILE INDEX YANG SUDAH DI ZIP KURANG DARI 4 MB”

Apabila proses upload telah sukses dan selesai, tampilan akan seperti di bawah ini.

Kemudian lakukan klik seperti yang telah di tunjukkan oleh panah merah pada gambar di atas, kemudian lanjutkan untuk melakukan instruksi seperti pada gambar berikut.

Terakhir setelah mengikuti instruksi di atas, akan muncul tampilan seperti di bawah ini, pastikan file “index.htm” dan “index_file” ada pada website, seperti pada gambar di bawah ini.

Setelah semua hal di ikuti silahkan untuk melakukan cek pada alamat website yang telah di buat. Apabila telah muncul seperti apa yang diharapkan berarti semua proses berjalan dengan sukses. Semoga artikel ini membantu. Semoga sukses.

5 Responses to Cara Membuat Website Offline Menjadi Online

  1. sita says:

    pak cara menjadikan file dalam format .zip gimana?

  2. irhas says:

    gambarnya kok gx nampak guys….

  3. Inflazz.Com says:

    Selamat Sore. Tanpa sengaja saya sampai ke blog anda, setelah saya baca-baca ternyata postingan-postingannya sangat menarik dan banyak isi yang banyak
    manfaatnya. Izzin memfollow dan sharing beberapa artikel ke
    sosial media saya ya sekaligus biar blog ini semakin banyak pengunjungnya.
    Jangan lupa di perbaharui terus ya blognya.Salam Hangat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>