Membuat Website E-Commerce dengan Mudah

vb

Pemrograman – Website E-commerce atau dalam Bahasa Indonesia W\ebsite Jual Beli saat memegang peranan yang besar dalam bisnis online yang terjadi beberapa tahun terakhir. Banyak orang yang awalnya melkukan bisnis jual beli dengan cara yang konvensional tetapi sekarang sudah beralih atau menambah lapaknya menjadi jual beli berbasis online. Hal itu dikarenakan jual beli online sangat murah, dan mudah dalam prosesnya, tidak perlu surat ijin atau pun harus membayar pajak, atau apa sajalah yang biasanya membuat jengkel apa bila mau mendirikan tempat jual beli secara konvensional.

Banyak orang yang berminat menekuni bisnis ini tetapi terkendala cara membuat websitenya. Nah pada artikel kali ini akan dibahas bagaimana cara membuat website e-commerce dengan mudah dan cepat tanpa harus mengetahui apa itu pemrograman. Tekinik pembuatan pada artikel kali ini menggunakan software Microsoft Publisher 2007 (Merupakan varian dari Microsoft Office). Berikut langkah-langkah untuk membuat website tersebut:

1. Buka Microsoft Publisher 2007, Kemudian pilih Publication Type nya yang Web, Pilih Template yang disukai kemudian klik “Create”

2. Setelah itu centang halaman web yang dirasa dibutuhkan

Home >> Dipergunakan untuk menarik calon pembeli agar memulai untuk menelusuri website ini, misalnya menampilkan barang-barang yang ter-update atau menampilkan barang-barang yang mendapat discount besar

About Us >> Dipergunakan untuk menjelaskan sepak terjang dari toko atau perusahaan

Contact Us >> Dipergunakan untuk memaparkan profil dari toko atau perusahaan yang berisi alamat, telp, hp, FB, Denah, dsb

Product Catalog >> Tempat menaruh barang-barang yang akan dijual beserta detail produknya

Service >> Bagaimana cara melayani pembeli, misalkan menjelaskan pengiriman barangnya menggunakan jasa apa.

Employe >> Berisi tentang Karyawan atau pengelola website.

Setelah tercentang seperti contoh di atas, klik OK

3. Pada halaman publisher akan muncul seperti pada gambar di bawah ini

Untuk melakukan editing tiap-tiap halaman web silahkan klik pada gambar yang bertanda panah

4.  Penampilan barang yang dijual dapat di edit pada halaman ke empat

Pada produk list ini silahkan untuk menampilkan barang apa saja yang di jual, sertakan sedikit penjelasan tentang barang tersebut, pada tiap-tiap produk name terdapat more detail yang akan menghubungkan ke halaman produk detail. Misalkan Produk name 1 Berisi barang jenis “A” nah pada more detai yang ada pada produk name 1 ketika di klik jelas akan mengarah ke produk detail barang jenis “A”, dan halaman 5-10 adalah halaman untuk produk detail masing-masing barang yang ada pada produk list.

5. Setelah melakukan semua proses editing jangan lupa lakukan save dokumen dengan cara sama seperti menyimpan file lainnya “Ctrl+s” kemudian beri nama dokumen, misalkan “latihan”

6. Lakukan cek desain, ketikan ataupun barang-barang sebelum di lakukan eksekusi ke file html. Setelah benar-benar merasa sudah selesai melakukan editing, langkah berikutnya yaitu melakukan publish halaman publisher ke file html.

Klik File – Publish to Web   >> Klik “OK” / “yes” ketika muncul pesan sampai muncul jendela seperti gambar di bawah ini

Jangan lakukan pengubahan nama file atau type penyimpanan >> Save

7. Setelah penyimpanan selesai silahkan cek hasil penyimpanan yang telah di lakukan pada tahap sebelumnya, apakah hasilnya sama dengan gambar di bawah? Jika ya berarti benar, jika tidak silahkan cek ulang di mana letak kesalahan.

Gambar Lingkaran 1 >> hasil publish to web

Gambar Lingkaran 2 >> Hasil penyimpanan file publishernya

 

Nah langkah di atas adalah cara bagaimana membuat website e-commerce Offline dengan mudah dan cepat tanpa harus mengerti bahasa pemrograman. Nah jika ingin membuat website ini yang offline menjadi online silahkan lanjutkan langkah berikutnya klik DISINI untuk menuju langkah berikutnya

SEMOGA BERMANFAAT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>