Info Pendaftaran UM-PTAIN 2014

KETENTUAN UMUM DAN PERSYARATAN

1.    Ketentuan Umum
UM-PTAIN adalah mekanisme seleksi masuk UIN/IAIN/STAIN melalui ujian tertulis yang dilakukan serentak. Pelaksanaan ujian tertulis berlokasi di 53 kampus UIN/IAIN/STAIN di Indonesia. Penjelasan tentang panitia pelaksana pada masing-masing PTAIN (Panitia Lokal) dapat dilihat pada laman resmi http://www.um-ptain.ac.id.

2.    Persyaratan

a.    Pendaftaran

1)    Lulus dari Satuan Pendidikan SMA/MA/SMK/MAK/Pesantren Mu’adalah atau yang setara tahun 2012, 2013, dan 2014. Lulusan tahun 2012 dan 2013 memiliki ijazah SMA/MA/SMK/MAK/Pesantren Mu’adalah atau yang setara dan lulusan tahun 2014 sekurang-kurangnya telah memiliki Surat Keterangan Lulus dari Kepala Sekolah/Madrasah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah/madrasah.
2)    Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di PTAIN.

b.    Penerimaan
Lulus dari Satuan Pendidikan, lulus seleksi UM-PTAIN 2014, sehat, dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTAIN penerima.

BIAYA UJIAN TERTULIS

  1. Peserta kelompok IPA atau IPS membayar biaya ujian tertulis sebesar Rp.150.000,00 (seratus lima puluh ribu rupiah) per peserta.
  2. Peserta kelompok IPC membayar biaya ujian tertulis sebesar Rp.175.000,00 (seratus tujuh puluh lima ribu rupiah) per peserta.
  3. Biaya ujian dibayarkan ke Bank Mandiri. Biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.

 

JENIS UJIAN DAN JADWAL UJIAN

JENIS UJIAN

Ujian Tertulis dengan materi:
a. Tes Potensi Akademik
b. Tes Bidang Studi Prediktif:

1)    Tes Bidang Studi Dasar terdiri atas mata ujian Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Ilmu Alamiah Dasar, dan Ilmu Budaya Dasar.

2)    Tes Wawasan Keislaman terdiri atas mata ujian al-Qurán-al-Hadits, Sejarah Kebudayaan Islam, Akidah-Akhlak, dan Fiqh

3)    Tes Bidang Studi IPA terdiri atas mata ujian Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.

4)    Tes Bidang Studi IPS terdiri atas mata ujian Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

JADWAL UJIAN

Selasa, 24 Juni 2014 : Tes Potensi AkademikTes Bidang Studi DasarTes Wawasan Keislaman
Rabu, 25 Juni 2014 : Tes Bidang Studi IPATes Bidang Studi IPS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>