Cara Melindungi Folder dari Tangan Jail Teman

Memang tidak ada matinya pengetahuan tentang komputer. Segala tips dan trik dapat dibagi dan juga didapat. Tergantung dari bagaimana anda mau untuk belajar dan menggali lebih jauh tentang ilmu pengetahuan. Dalam season kali ini, artikel ini berbagi sedikit trik komputer yang simple namun unik. Trik ini dibuat demi membantu anda yang ingin melindungi data penting anda dari orang-orang dekat yang suka jail. Jika anda merasa tertarik, silahkan anda ikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

  1. Siapkan folder yang akan dipakai untuk menyimpan data-data penting anda. Apabila tidak ada tinggal dibuat saja.
  2. Setelah itu buka Character Map dengan cara, klik Start Menu, All Program, Accessories, System Tools, Character Map. Terlalu panjang caranya ya?? ^_^ Persingkat saja dengan mengetikan tulisan Character Map pada kotak search yang berada pada Start Menu di komputer atau laptop anda.
    gambar1
    gambar search
  3. Setelah jendela menunya terbuka, carilah karakter kosong yang berada  pada bagian dibawahnya.
  4. Pilih karakter tersebut dan klik tombol Select dan diakhiri dengan mengklik tombol Copy, lalu tutup jendela menu Character Map.
    gambar2
    Character Map
  5. Kembali ke folder yang ingin anda ganti namanya dan klik kanan pada folder tersebut kemudian pilih rename. Setelah itu pastekan atau tekan tombol ctrl+v secara bersamaan pada keyboard untuk memasukan karakter yang anda kopi tadi pada nama folder tersebut.
    gambar3
    rename dan paste
  6. Sekarang kita ganti lagi icon folder default dari windows dengan icon kosong. Caranya, klik kanan pada folder tersebut dan pilih Propertis.
    gambar4
    properties folder
  7. Pada bagian bawahnya pilih Customize dan pilih Change Icon.
  8. Carilah dan pilih icon kosong pada bagian dibawahnya dan klik tombol OK.
    gambar5
    gambar icon
  9. Hasilnya, dapat anda lihat sendiri. Anda sudah memiliki folder tanpa nama dan icon atau kosong seperti milik saya dibawah ini.
    gambar6
    folder tanpa nama dan icon
Sekarang, langkah terakhir dari trik ini yaitu menyembunyikan folder tersebut dari windows explorer. Caranya :
  1. Klik kanan pada invisible folder (folder tak terlihat yang anda buat tadi) dan pilih Properties. Setelah itu pilih opsi Hidden yang berada di bagian bawah jendela properties. Jika komputer atau laptop anda belum pernah diorganize, maka invisible folder tersebut akan hilang pada saat anda menekan tombol OK.
    gambar7
    Properties
  2. Namun apabila saat mengklik OK dan foldernya belum hilang, masuk ke menu Organize dan pilih Folder and Search Option. Pada jendela Folder Option, pindah ke tab View pilih opsi Don’t Show Hidden Files, Folder Or Drives dan klik OK.
    gambar8
    menu organize
    gambar9
    Folder Option

Trik yang satu ini hanya dapat melindungi folder pribadi sobat dariorang lain yang suka jail tetapi tidak akan melindungi data anda dari serangan virus komputer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>