Aplikasi Smartphone Pendeteksi Orang-Orang ‘Penting’

Kebanyakan aplikasi yang tersedia di iOS Store adalah aplikasi ‘pengganti’ dari fitur-fitur yang sudah ada smartphone Apple, tapi kini sudah hadir sebuah aplikasi ‘kontak’ yang benar-benar menambahkan fitur baru di iPhone.

Humin, aplikasi yang memadukan daftar kontak, panggilan, hingga voicemail dalam satu app. Menariknya, pengguna bisa menambahkan informasi tambahan terkait daftar orang yang masuk ke kontak, Mashable (1/6).

Ankur Jain, si penemu dan juga CEO Humin, menegaskan jika sistem pencarian yang ada daftar kontak smartphone paling canggih saat ini masih menggunakan metode tahun 90an. Hingga saat ini memang kebanyakan mesin pencari berbasiskan pencarian sesuai abjad, padahal pengguna membutuhkan kontak yang ‘mengerti’ kebutuhannya.

Humin diklaim mampu mengidentifikasi informasi awal yang dimasukkan ke dalam kontak untuk menentukan daftar kontak yang sekiranya paling ‘penting’ dan paling mungkin untuk dihubungi di saat-saat tertentu.

Nantinya, Humin bisa menampilkan detail pribadi dari setiap kontak hingga mengurutkannya berdasarkan hubungan mereka dengan si pengguna, bukannya berdasarkan abjad.

Misalnya, saat melihat daftar kontak, user bisa melihat menu yang menampilkan teman yang mempunyai hobi yang sama. Bahkan saat pertama kali membuka aplikasi ini, Humin akan menunjukkan kontak orang-orang yang tinggal di sekitar user, terutama mereka yang sering dihubungi.

Uniknya, aplikasi ini bisa berubah saat kita berpindah lokasi. Humin akan secara otomatis menempatkan teman-teman yang ada di area baru tersebut di posisi teratas. Aplikasi ini juga bisa menampilkan peta dan kejadian pasti saat pertemuan pertama kali dengan orang di daftar kontak.

Jain mengatakan jika aplikasi ini akan mulai hadir untuk OS iOS dalam beberapa minggu ke depan. Kabarnya Humin sedang dipersiapkan untuk OS Android dan perangkat Google Glass.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>