Cara Menghilangkan Kontak Dobel Di Smartphone Samsung

Sering kali kita mengalami masalah saat menggabungkan kontak dari SIM ke smartphone Samsung yang kita miliki. Acap kali kita menemukan banyak kontak yang tidak sengaja tergandakan. Untuk mengatasi hal tersebut ada sebuah cara mudah yang bisa diterapkan pada semua perangkat Android keluaran pabrikan asal Korea Selatan itu.

Berikut adalah 2 langkah yang bisa dipakai untuk menghilangkan kontak yang ketahuan dobel.

1. Langkah awal yang harus dilakukan adalah membuka aplikasi kontak di perangkat Anda lalu pilih kontak yang memiliki ‘kloningan’. Tidak hanya kontak berupa nomor telepon saja, Anda bisa memilih kontak berupa alamat sosial media dan email. Perlu diketahui agar cara ini berhasil, harus benar-benar ada kontak ‘duplikat’ pada aplikasi kontak Anda.

2. Setelah kontak yang berduplikat telah dipilih, lanjutkan dengan menekan tombol menu lalu ketuk opsi ‘Join contact’. Untuk phablet Galaxy Note 3, opsi ini bernama ‘Link contact’. Opsi tersebut akan menuntun Anda untuk menentukan kontak duplikat yang ingin digabung dengan kontak yang dipilih sebelumnya tadi. Tapi jangan khawatir, software yang ada akan memilihkan kontak-kontak yang ditengarai sebagai duplikat. Lalu tinggal pilih kontak yang diinginkan untuk kemudian digabungkan.

Anda bisa mengulangi langkah-langkah tersebut hingga seluruh kontak duplikat di perangkat Android Samsung Anda lenyap.

Tetapi bagaimana jika tanpa sengaja kita salah memilih kontak yang digabungkan?

Bila hal tersebut terjadi Anda bisa kembali memilih kontak hasil penggabungan dan melakukan proses yang sama. Bedanya setelah menekan tombol menu, pilih opsi ‘Separate Contact’ yang terletak persis di bawah ‘Link Contact’ untuk memisahkannya kembali.

Bagi pengguna smartphone dengan merek lain bisa menghilangkan kontak-kontak dobel menggunakan aplikasi terpisah seperti ‘Contact Optimizer’ yang bisa diunggah di Google Play Store, PhoneArena (20/6).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>