Terbongkar, Rusia Ubah Informasi Insiden Melalui Wikipedia

Insiden jatuhnya pesawat Malaysia Airlines dengan kode MH17 terus dikaitkan dengan para kelompok pro-Rusia. Setelahnya, sebuah laman Wikipedia diketahui telah di-edit untuk menyamarkan informasi tentang insiden ini.

Seperti yang dilansir oleh The Verge (18/07), sebuah program robot pengumpul informasi via Twitter atau yang biasa dikenal dengan sebutan ‘bot’ khusus untuk negara Rusia menemukan sebuah perubahan aneh yang terjadi di laman Wikipedia terkait insiden MH17.

Aksi editing yang kabarnya dilakukan oleh dua badan pemerintah Rusia, All-Russia State Television dan Radio Broadcasting Company,dengan mengubah laman Wikipedia berbahasa Rusia. Perubahan yang dilakukan cukup jelas, yakni ” Pesawat MH17 jatuh akibat ditembak oleh tentara Ukraina”.

Padahal versi awal dari kalimat itu adalah “Pesawat MH17 telah ditembak jatuh oleh sekelompok teroris dari Republik Donetsk yang memproklamirkan kemerdekaan dari Ukraina dengan menggunakan rudal Bulk yang diterima dari Rusia”.

Username serta alamat IP si penggubah memang secara otomatis akan tersimpan bersama dengan perubahan yang dibuat. Setelah itu program Twitter bot akan memposting perubahan itu di jejaring sosial Twitter.

Konten dari perubahan isi Wikipedia ini tentunya berbanding terbalik dengan beberapa sumber, termasuk Presiden Amerika Serikat, Barack Obama. Jumat kemarin, Obama mengatakan bila penembakan MH17 yang memakan hampir 300 korban jiwa kemungkinan besar dilakukan oleh kelompok separatis di Ukraina.

Tak pelak aksi edit Wikipedia ini bisa menjadi salah satu update Wikipedia paling memalukan yang pernah ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>