“BAHASA ARAB UKIR PRESTASI SE-JATIM DI UIN SUNAN AMPEL”

IMG_2773

Surabaya-Alhamdulillah, itulah kiranya ungkapan yang pertama kali terucap kala perwakilan MAN Lumajang mampu menembus final Imathoh Bahasa Arab se-Jatim di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya yang berlangsung tanggal 27 Nopember 2013 kemarin.

Bagaimana tidak, menembus final bukan hal yang mudah. Pasalnya semua peserta sudah berpengalaman mengikuti ajang ini dan rata-rata berasal dari sekolah yang notabene mengembangkan dua bahasa secara khusus seperti MA Bilingual dan MBI Amanatul Ummah. Berbeda dengan perwakilan MAN Lumajang yang baru pertama kali ikut dalam event ini. “ Kita baru ikut sekarang, sementara yang lain sudah rutin tiap tahun” tutur Ustadzah Uje pendamping MAN Lumajang.

IMG_2709  IMG_2770

Lomba yang diadakan oleh Fakultas Tarbiyah Jurusan Pendidikan Bahasa Arab ini diikuti oleh perwakilan SMA/MA/SMK se-Jawa Timur yang total keseluruhan berjumlah 181 peserta.

Perasaan senang karena mampu masuk di final memang bukan satu-satunya alasan, “Tentu kami senang karena mampu di final, tapi yang paling mengesankan adalah kita ternyata mampu bersaing dengan sekolah yang notabene bagus reputasinya dibidang bahasa.” Lanjut Ihwan yang juga ikut mendampingi.

MAN sendiri sebenarnya mengirimkan 6 orang, Zahrofatul Asri Irin kelas XII Agama, Nurul Qomariyah XI Agama, Dewi Mustikasari XI Agama, Putri Nur Alfiyah XC, Syafika Nur Laili XB dan Robiatul Andawiyah XG. Secara umum penampilan mereka tidak mengecewakan. Putri jatuh di soal ke-8, Robiatul Andawiyah jatuh di soal ke-9, Syafika Nur Laili di soal ke-13. Sementara Zahrofatul Asri irin dan Dewi Mustiksari sangat disayangkan. Mereka jatuh di soal ke 40 yang sebenarnya sudah menyisakan 11 peserta. “ Sangat disayangkan, sebenarnya peluang mereka berdua cukup besar, tapi itulah perlombaan. Faktor keberuntungan juga menjadi penentu” sambung ihwan.

Final akhirnya diperoleh oleh Nurul Qomariyah setelah berhasil menjawab benar soal ke 51 yang juga menempatkannya ke final bersama dengan 5 peserta lain. Peserta lain yang masuk final itu antara lain 2 orang dari MA Bilingual Sidoarjo, 2 orang dari MBI Amanatul Ummah Surabara, satu orang dari MA Mambaus Sholihin Suci Gresik.

Walaupun tak mampu keluar sebagai juara 1, tapi setidaknya sudah menuai hasil yang maksimal apalagi sebagai debutan baru. _One

FOTO KEGIATAN

IMG_2707 IMG_2773

IMG_2726 IMG_2727

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>