Narapidana di Inggris Berhasil Melarikan Diri dari Penjara Berbekal Email Palsu

Nampaknya para petugas di sektor pemerintahan harus menjadi sosok yang benar-benar melek teknologi. Terlebih jika bekerja di lembaga pemasyarakatan. Kalau tidak, kasus pelarian narapidana seperti yang baru-baru ini terjadi di Inggris bisa terulang di tanah air.

Langkah pelarian yang dilakukan oleh narapidana bernama Neil Moore memang cukup menarik. Dia tak perlu melakukan berbagai aksi berbahaya ataupun menggali lubang dalam yang butuh waktu panjang. Dalam aksi pelariannya itu, Moore hanya membutuhkan sebuah ponsel yang dipakainya untuk membuat akun email palsu.

sumber: Tribunnews

Moore pun menulis email palsu dengan berpura-pura sebagai salah satu panitera senior pengadilan. Agar tampil dengan meyakinkan, diapun membuat sebuah website yang domainnya sangat mirip dengan alamat situs pengadilan. Tak cukup di situ saja, Moore juga membuat website petugas investigasi yang dilengkapi dengan alamat serta kontak Royal Court of Justice.

Dengan berbekal email tersebut, dia pun menuliskan pesan elektronik kepada petugas penjara untuk segera membebaskan Moore. Tentu saja aksi pelariannya tersebut dilakukan dengan cara yang cukup mudah. Namun selang tiga hari, Moore memutuskan untuk menyerahkan dirinya kepada pengadilan.

Moore sendiri dikenal sebagai seorang tahanan yang licik. Bagaimana tidak, pria berusia 28 tahun tersebut didakwa atas kasus penipuan dengan korban adalah beberapa organisasi besar. Dengan latar belakang seperti itu, tidak heran kalau Moore bisa dengan mudah mengelabui para petugas penjara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>