This domain has recently been listed in the marketplace. Please click here to inquire.

spamcheckr.com

Jadwal SBMPTN 2015

Ujian Tertulis dan/atau Keterampilan yang dilaksanakan secara serentak di 62 PTN.Dibawah ini terdapat Mekanisme Pendaftaran SBMPTN 2015 adalah sebagai berikut :.

  1. Pendaftaran dilakukan secara online dan tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman http://ujian.sbmptn.or.id.
  2. Pendaftaran online sekitar bulan Mei 2015
  3. Bagi pendaftar yang ingin mendapatkan koneksi Internet untuk pendaftaran online dapat memanfaatkan akses Internet via hotspot (Indonesia wifi / @wifi.id) di Plasa Telkom.

Kepanjangan SBMPTN adalah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang merupakan mekanisme seleksi masuk PTN melalui Ujian Tertulis dan/atau Keterampilan yang dilaksanakan secara serentak di 64 PTN.

Pada tahun akademik 2015/2016, seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) akan menggunakan 3 jalur. Ketiga jalur tersebut adalah Snmptn, Sbmptn, dan Ujian mandiri / Seleksi Mandiri. Untuk jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), kuota mahasiswa yakni 50%-60% dari total mahasiswa yang diterima.  Sementara kuota Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yakni 30%-40% dari total mahasiswa. Sedangkan kuota jalur Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMBPT) atau jalur mandiri yakni 10%-20%.

Persyaratan Pendaftaran SBMPTN 2015

1. Lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara tahun 2013, 2014, dan 2015. Lulusan tahun 2013 dan 2014 memiliki ijazah SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara. Untuk lulusan tahun 2015 sekurang-kurangnya telah memiliki Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah.
2. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi.

 Jadwal SBMPTN 2015 :

Pendaftaran SBMPTN 2015

Akan di bukan pada bulan Mei 2015, perkiraan tanggal dibukannya adalah tanggal 12 Mei – 6 Juni 2015

Update jadwal Pendaftaran Online SBMPTN 2015 :

Pendaftaran online dibuka dari tanggal 12 Mei 2015 pukul 08.00 WIB sampai dengan 6 Juni 2015 pukul 22.00 WIB.

Jadwal Ujian SBMPTN 2015

Update : Kemungkinan besar untuk Ujian Tertulis SBMPTN 2015 dilaksanakan tanggal 16 Juni 2015, dalam 1 hari yaitu di hari selasa,  dimana Jenis Ujian dalam SBMPTN yang akan di ujikan adalah sebagai berikut :

Ujian Tertulis : Selasa, 16 Juni 2015

  1. Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA), Soal TKPA adalah terdiri dari: 1. Verbal 15 soal; 2. Numerikal 15 soal; 3. Figural 15 soal; 4. Matematika Dasar 15 soal; 5. Bahasa Indonesia 15 soal; 6. Bahasa Inggris 15 soal. Jadi seharusnya total soal TKPA adalah 90 soal.
  2. Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD Saintek) terdiri atas mata uji Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
  3. Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.Ujian Keterampilan : Rabu dan/atau Kamis, tanggal 17 dan/atau 18 Juni 2015
  1. Ujian keterampilan diperuntukkan bagi peminat Program Studi bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan.
  2. Ujian Keterampilan Bidang Ilmu Seni terdiri atas tes pengetahuan dan keterampilan bidang ilmu seni.
  3. Ujian Keterampilan Bidang Ilmu Keolahragaan terdiri atas tes kesehatan dan kesegaran jasmani.
  4. Ujian Keterampilan dapat diikuti di PTN terdekat yang memiliki program studi yang sesuai dengan pilihan peserta. Daftar PTN penyelenggara ujian keterampilan secara lengkap dapat dilihat di laman http://www.sbmptn.or.id.

Pengumuman SBMPTN 2015

Kemungkianan waktu pengumuman SBMPTN 2015, adalah 1 bulan setelah pelaksaan ujian SBMPTN 2015  adalah tanggal 16 Juli 2015 mulai pukul 17.00 WIB dan dapat diakses di laman http://www.sbmptn.or.id.

Untuk informasi terbaru, silakan cek di situs resmi SBMPTN.OR.ID. Ayo adik-adik persiapkan sejak sekarang, sukses dan lolos di terima di PTN.

Penilaian Hasil Ujian

Ujian tertulis Sbmptn 2015 akan tetap menggunakan soal ujian yang dikembangkan sedemikian rupa sehingga memenuhi persyaratan validitas, tingkat kesulitan, serta daya pembeda yang memadai. Soal ujian tertulis SBMPTN dirancang untuk mengukur kemampuan umum yang diduga menentukan keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi, yakni kemampuan penalaran tingkat tinggi (higher order thinking), yang meliputi potensi akademik, penguasaan bidang studi dasar, bidang saintek dan/atau bidang social dan humaniora. Selain mengikuti ujian tertulis, peserta yang memilih program studi Ilmu Seni dan/atau Keolahragaan diwajibkan mengikuti ujian keterampilan.

Penilaian dilakukan secara menyeluruh. Oleh karena itu, setiap mata ujian harus dikerjakan sebaik mungkin dan tidak ada yang diabaikan.

Penilaian hasil ujian menggunakan ketentuan sebagai berikut:

  1. Jawaban BENAR dari peserta : akan mendapatkan nilai +4
  2. Jawaban SALAH dari peserta : akan mendapatkan nilai -1
  3. Jika peserta Tidak menjawab: akan mendapatkan nilai 0

Kelompok Ujian

Kelompok ujian tertulis SBMPTN terbagi menjadi 3 (tiga), yaitu:

  1. Kelompok Ujian Saintek dengan mata uji TPA, TKDU, dan TKD Saintek
  2. Kelompok Ujian Soshum dengan mata uji TPA, TKDU, dan TKD Soshum.
  3. Kelompok Ujian Campuran dengan mata uji TPA, TKDU, TKD Saintek, dan TKD Soshum. Setiap peserta dapat mengikuti kelompok ujian Sains, Soshum, atau Campuran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>