10 Alasan Utama, Kenapa Android Lebih Baik Daripada iPhone

Persaingan di antara smartphone kian hari kian memanas, dan ibaratnya laga duel, ada dua jenis Operating System yang mendominasi di jagad gadget. Yaitu, Android dari Google, dan iPhone dari Apple. Keduanya sama-sama bagus.

Tapi di beberapa aspek, Android mungkin adalah pilihan yang jauh lebih bagus untuk kalian, dibandingkan iPhone.

Dan inilah beberapa aspek dari smartphone (dan tablet) Android, yang merupakan suatu keunggulan yang lebih baik daripada iPhone.

Android | eetimes.com
  1. Memori eksternal yang bisa ditambah (Expandable Storage)
    Kita biasa menggunakan handphone sebagai tempat menyimpan segalanya, mulai dari dokumen, e-book, foto, musik, hingga video, karena itu terkadang built-in memory saja tidak cukup. Untungnya, di luar sana banyak sekali smartphone Android yang menyediakan slot memori eksternal (micro sd) , untuk menambah kapasitas penyimpanan. Dan hal itu lebih murah, daripada mengeluarkan uang sekitar satu juta rupiah untuk membeli iPhone model yang sama, dengan kapasitas memori yang lebih besar.
  2. Navigasi built-in
    Sejak diluncurkan sekitar empat tahun lalu, iPhone masih belum mempunyai aplikasi navigasi built-in. Google Maps sudah cukup baik, jika kalian hanya membutuhkan petunjuk arah di iPhone, namun tanpa petunjuk visual dan audio, seperti yang ada pada smartphone Android.Ada rumor bahwa Apple akan memperbaiki hal ini di iOS 6, sekaligus peluncuran Apple Maps.Tapi saat ini, aplikasi maps pada Android masih lebih baik.
  3. Banyak pilihan hardware
    Jika kalian bukanlah orang yang senang dengan sesuatu yang mainstream, maka model iPhone yang hanya itu-itu saja, mungkin akan terasa tidak cocok dengan seleramu. Berbeda dengan Android yang mempunyai banyak sekali pilihan smartphone. Masing-masing mempunyai ukuran layar, kapasitas memori, kecepatan prosesor, harga, dan lain-lain, yang bervariasi.Apabila spesifikasi hardware adalah kriteria penting untuk kalian, maka Android adalah pilihan terbaik.
  4. Tidak ada batasan aplikasi yang bisa diinstal
    Apple sangat pilih-pilih dalam menentukan aplikasi apa saja yang mereka perbolehkan untuk diinstal di iPhone kalian. Walau Google mempunyai proses review aplikasi yang sama di Play Store, namun pemilik handphone Android masih diperbolehkan untuk menginstall aplikasi dari pihak ketiga secara bebas, sesuai yang mereka inginkan.Proses ini dinamakan sideloading, dan membuat Android terbuka dengan tweaks dan modifikasi yang keren-keren.
  5. Handphone Android high-end biasanya yang lebih dulu mengimplementasikan hardware terbaru dan tercanggih
    Karena handphone Android terus keluar sepanjang tahun, kamu akan lebih mudah untuk mendapatkan hardware terbaru dan tercanggih, jauh sebelum Apple menambahkannya pada iPhone. Contohnya, Android adalah smartphone pertama yang menawarkan kecepatan data 4G, dengan daya tahan baterai yang super lama (seperti Droid Razr Maxx), dan kamera dengan kecepatan shutter yang sangat mengagumkan (seperti HTC One X).Apple biasanya lebih lama dalam mengadopsi teknologi-teknologi mobile terbaru.
  6. Home screen yang bisa diatur sesuai selera
    Semua Android phone memberikan kalian pilihan untuk mendesain home screen sesuai dengan selera masing-masing. Dibandingkan dengan hanya baris dan baris aplikasi seperti yang ada pada iPhone, kalian bisa menambahkan widgets, control panels, dan bahkan pintasan untuk speed dial di home screen.
  7. Integrasi yang sangat sempurna dengan aplikasi dan layanan terbaik dari Google
    Google membuat beberapa aplikasi web terbaik, seperti GMail, Google Calendar, Google Docs dan Google Maps, itu hanya sedikit contoh. Dengan Android phone, semua yang harus kalian lakukan hanyalah log-in ke dalam akun Google kalian, sekali, dan selanjutnya semuanya akan otomatis tersinkronisasi.Apple menawarkan fitur yang sama pada iCloud, tapi sayang aplikasi dan layanannya masih belum sebagus kepunyaan Google.
  8. Lebih banyak pilihan default apps untuk web browsing, email, calendar, etc
    Sebenarnya ada banyak sekali alternatif aplikasi browser, email, dan kalender untuk iPhone. Dan banyak diantara mereka yang sangat bagus. Sayangnya, kalian tidak bisa mengesetnya sebagai default app di iPhone. Misalnya walaupun kalian menggunakan aplikasi email klien Sparrow for iPhone yang sangat bagus, tapi aplikasi bawaan iPhone-lah yang akan dijalankan setiap saat kamu mengeklik alamat email yang ada di aplikasi lain atau browser.Android memberikanmu pilihan untuk menggunakan aplikasi apapun sebagai default aplikasi untuk email, browser, kalender, picture viewer, dan lain-lain. Yang artinya kalian bisa selalu menggunakan aplikasi favorit kalian.
  9. Multitasking pada Android, masih jauh lebih baik
    Kita masih belum bisa mengatasi betapa buruknya masalah multitasking pada iPhone. Sangat amat susah untuk membuka kembali aplikasi yang kalian inginkan di iPhone.Solusi yang ditawarkan Android, jauh lebih elegan, khususnya di Android keluaran terbaru. Semua yang harus kalian lakukan hanyalah menekan tombol multitasking di taskbar dan daftar dari aplikasi-aplikasi yang baru kalian buka akan muncul pada layar. Tap aplikasi untuk membukanya atau swipe (geser) untuk menutupnya.
  10. Integrasi dengan social network dan berbagai layanan online
    Kita berbagi banyak hal yang ada pada smartphone kita, dengan menggunakan bermacam-macam layanan.
    Di iPhone, biasanya kita harus membuka aplikasi terpisah satu persatu ketika kita ingin posting sesuatu ke Facebook, LinkedIn, Evernote, Dropbox dan lain-lain.Dengan Android, semua layanan tersebut menjadi satu tergabung pada operating system, sejak kalian menginstall aplikasi tersebut. Ingin berbagi foto? Kalian bahkan tidak perlu meninggalkan aplikasi camera, cukup tekan tombol share dan pilih layanan yang ingin kalian pakai. Mudah.

sumber : businessinsider.com/sai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>