7 Trik Fotografi Profesional Menggunakan Kamera Smartphone

Kamera smartphone saat ini bisa katakan sudah menjadi alat yang paling sering digunakan untuk memotret gambar dibanding dengan kamera SLR atau kamera profesional. Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin meningkat, kamera smartphone pun kin sudah semakin canggih dengan hasil gambar yang tidak kalah bagusnya dengan gambar yang dihasilkan kamera SLR. Bahkan beberapa kamera smartphone memiliki sensor dan bukaan sama seperti kamera profesional. Sony Xperia Z3 misalnya, smartphone ini memiliki kamera beresolusi 20,7 MP. Atau Samsung Galaxy Note 4 dengan kamera 16 MP yang dilengkapi dengan fitur OIS (Optical Image Stabilization) dan iPhone 6 yang memiliki kualitas kamera di atas rata-rata.

Jika kamu kreatif dan cermat dalam memotret menggunakan kamera smartphone, bukan tidak mungkin gambar yang dihasilkan pun akan terlihat lebih menarik dengan kualitas yang baik. Sekedar berbagi informasi, berikut ini kami hadirkan tips dan trik memotret menggunakan kamera smartphone.

1. Memotret Panorama dengan Objek Orang Ganda

tips memotret 01

Kamera smartphone kelas menengah ke atas umumnya sudah dilengkapi dengan fitur kameraPanorama. Jika kamu ingin memotret panorama dengan objek atau orang terlihat ganda, caranya saat kamera mengambil gambar dengan 360 derajat, orang yang difoto berpidah tempat dari kiri, ke tengah, lalu ke kanan mengikuti arah gerakan kamera.

2. Memotret Panorama Saat di kendaraan

tips memotret 02

Tidak harus memutar kamera 360 derajat, kamu juga bisa memotret Panorama saat di kendaraan. Yang kamu lakukan hanya memasang kamera pada mode panorama, kemudian memotret dengan tangan usahakan harus stabil.

3. Memotret Zoom menggunakan Lensa Binocular (teropong)

 

tips memotret 03

PERBESAR
PERKECIL

 

Hampir semua tipe smartphone kelas menengah ke atas memiliki kamera yang dilengkapi fiturzoom. Namun, rata-rata fitur yang dimiliki kamera smartphone jaraknya tidak jauh. Selain itu, satu hal yang perlu diperhatikan, memotret menggunakan fitur zoom di kamera smartphone biasanya gambar yang dihasilkan kualitasnya menjadi turun, gambar tidak tajam dan cenderung banyak noise. Menyasati hal ini, Anda bisa memanfaatkan binocular atau teropong untuk menggantikan lensa zoom yang dipasang didepan kamera smartphone.

4. Menggunakan Tetesan Air untuk Memotret Makro

tips memotret 04

Jika kamu tidak memiliki lensa makro eksternal, kamu bisa menggunakan air yang diteteskan di atas lensa kamera smartphone. Bentuk air yang melengkung bisa jadi pengganti filter lensa makro kamu. Pastikan air tidak masuk kedalam smartphone.

5. Gunakan Penutup Kaca Mobil sebagai Reflektor

tips memotret 05

Jika tidak ada reflektor yang bisa digunakan untuk kegiatan fotografi profesional, kamu bisa juga menggunakan penutup kaca mobil yang berwarna emas atau perak untuk dijadikan reflektor pengganti.

6. Gunakan Headset untuk Menggantikan Tombol Shutter

tips memotret 06

Kamu juga bisa memotret selfie tanpa menekan tombol shutter langsung di smartphone. Kamu bisa memanfaatkan headset sebagai alat penyambung untuk menekan tombol shutter. Sehingga jarak antara kamu dan smartphone bisa lebih jauh. Smatphone bisa diletakan di meja atau tembok dengan menggunakan tripod atau dudukan yang dibuat dari bahan kertas karton. Catatan: pastikan headset kamu mendukung fungsi shutter dan terhubung ke aplikasi kamera.

7. Foto Underwater

tips memotret 07

Tips trik terakhir yaitu memotret underwater. Yang dimaksud memotret underwater di sini yaitu smartphone dimasukan kedalam gelas bening, kemudian setengah badan gelas dicelupkan ke dalam air untuk memotret objek. Sehingga hasil gambar tampak seperti memotret dari dalam air. Trik ini sedikit beresiko, jadi dibutuhkan kehati-hatian yang tinggi agar gelas tidak kemasukan air.

Jika kamu merasa kurang jelas dengan tips dan trik di atas, simak video di bawah ini. Selamat mencoba.

 

 

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>