7 Merek Smartphone Terkenal yang Ternyata Made in China (Bagian 1)

research-wordle

Seberapa sering sih kamu meledek atau diledek oleh teman terkait masalah hape China? Berawal dari kebiasaan orang-orang (produsen)produsen di negara China yang hobi membuat barang tiruan, hingga smartphone dengan merek terkenal pun ikut menjadi korban pemalsuan.

Eits, jangan berprasangka buruk dulu. Sebab, tidak selamanya barang-barang buatan China itu adalah barang tiruan yang memiliki kualitas buruk. Perlu kamu ketahui, China bahkan menjadi negara yang paling banyak memiliki pabrik (manufacturing) untuk pembuatan barang-barang elektronik, termasuk smartphone. Lalu, apakah China juga memiliki produk smartphone ciptaannya sendiri? Tentu saja, ada!

Lenovo: Sering Dikira Merk Amerika

Pada awalnya, Lenovo adalah produsen perangkat PC, baik desktop, AIO PC, hingga notebook. Nama Lenovo sebagai produsen smartphone Android mulai mencuat ketika mereka bekerjasama dengan Intel, menggunakan prosesor Intel Atom pada smartphone Lenovo K900 yang juga menggunakan jasa Kobe Bryant sebagai bintang iklannya.

Sejak saat itu, Lenovo semakin dikenal dan terus eksis menciptakan smartphone Android di kelas menengah ke bawah menggerogoti pasar Samsung. Hingga kini, Lenovo mengklaim bahwa mereka berhasil menjadi produsen smartphone terbesar ketiga di dunia, tepat setelah mencaplok Motorola. Baru-baru ini, Lenovo juga sukses merilis dua smartphone Android barunya untuk selfie, yaitu S580 dan LIVO. Jadi, kalau kamu beranggapan bahwa Lenovo adalah produk Amerika atau Eropa, kamu salah besar!

Meizu: Pede dengan Sistem Operasi Besutan Sendiri

Di Indonesia, nama Meizu jelas kalah tenar dibanding Lenovo. Tapi di negeri asalnya, China, Meizu menjadi produsen smartphone paling diperhitungkan. Nama Meizu semakin meledak setelah merilis smartphone Meizu MX4 dan MX4 Pro. Kedua smartphone tersebut dilengkapihardware teratas pada saat itu, sehingga sempat tercatat sebagai smartphone tercepat di duniaberdasarkan benchmark AnTuTu.

 

Tidak hanya mengandalkan sistem operasi Android, Meizu juga pede menggunakan sistem operasi lain pada smartphone miliknya. Selain menciptakan smartphone, Meizu juga mengembangkan sistem operasi miliknya sendiri dengan nama Flyme OS. Lalu, apakah smartphone ini tersedia di Indonesia? Tentu saja ada!

ZTE: Spesialis Smartphone Bundling

Namanya singkat, hanya terdiri dari tiga huruf. Di Indonesia, ZTE mungkin lebih dikenal sebagai produsen modem, bukan smartphone. Namun lain halnya di China dan di Amerika Serikat. Di Negeri Paman Sam tersebut, ZTE berhasil menyodok menjadi smartphone dengan jumlah pengguna terbanyak ketiga! Bahkan, ZTE juga mensponsori klub-klub basket NBA di Amerika Serikat.

Bagaimana dengan di Indonesia? Kamu pasti mengenal smartphone Android besutan BOLT!Super 4G yang dirilis akhir tahun 2014 lalu. Salah satu smartphone keluaran BOLT! tersebut adalah ZTE V9820 yang hadir dengan prosesor quad-core kelas menengah Snapdragon 400. Selain BOLT!, smartphone dari ZTE juga kerap dipilih untuk dijual sebagai smartphone bundlingdari operator seluler, sebut saja Smartfren.

Xiaomi: Terkenal Karena Sering Dituduh Menjiplak Apple

Wah, kalau merek yang satu ini sih nggak perlu ditanya lagi ya darimana asalnya. Dari namanya saja, kamu pasti sudah bisa mengetahuinya. Berawalan dengan huruf “X” dan dibaca dengan lafal “S”, yaitu “Siaomi” menandakan bahwa ini adalah smartphone tulen asal China. Nama Xiaomi mendadak fenomenal, terutama setelah beberapa kali ketahuan menjiplak iPhone milik Apple.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>