7 Merek Smartphone Terkenal yang Ternyata Made in China (Bagian 2)

research-wordle

 

Oppo: Paling Aktif dan Loyal Beriklan

Sejak masuk ke Indonesia tiga tahun silam, Oppo langsung tancap gas. Ketika pertama kali diperkenalkan di Indonesia, Oppo mendapat ejekan. Oppo yang dalam bahasa Jawa berarti “apa” ternyata justru mendapat ketenaran secara singkat di Indonesia. Dengan nama yang unik tersebut, serta produk berkualitas, tak perlu waktu lama untuk Oppo diterima di Indonesia.

 

Dibanding merek China lainnya, Oppo tercatat sebagai produsen smartphone China paling loyal dalam beriklan di Indonesia. Kalau kamu sering menyaksikan acara-acara kocak di stasiun TV lokal, kamu pasti sering melihat iklan Oppo, baik iklan komersial maupun iklan di dalam acara TV tersebut. Kini, Oppo juga sedang membangun jaringan toko dan service center di seluruh Indonesia dengan jumlah mencapai seratus toko.

OnePlus: Sukses Hanya dengan Lima Orang Pegawai

Enam bulan hingga satu tahun lalu, nama OnePlus menyeruak ke permukaan. Smartphone pendatang baru ini menjadi pusat perhatian karena tiba-tiba hadir dengan membawa hardwaretercepat di pasar smartphone Android. Padahal, smartphone lain dari produsen ternama seperti Samsung, Sony, dan HTC masih tampil biasa-biasa saja.

 

OnePlus One, produk pertama OnePlus menjadi salah satu Android pertama dengan RAM 3 GB. Kameranya menggunakan sensor dari Sony dengan resolusi 13 MP. Uniknya, OnePlus berhasil menjual banyak unit. OnePlus One hanya dengan bermodalkan dana iklan sebesar Rp 4 juta saja. Iklan tersebut disebarkan melalui media sosial Facebook.

Bulan Februari ini, OnePlus meresmikan dirinya di Indonesia. Diwakili oleh Carl Pei, salah satu pendiri OnePlus dan bekerjasama dengan Lazada, akhirnya Indonesia kebagian jatah smartphone fenomenal asal China ini. Sebelumnya, untuk membeli smartphone OnePlus One, kamu harus mendapat undangan atau invitation terlebih dahulu karena smartphone ini hanya dijual terbatas. Maklum saja, OnePlus hanya memiliki lima orang pegawai, itu pun termasuk Carl Pei sebagai salah satu pendirinya.

Huawei: Lebih Laris Jualan Modem

 

Sama seperti ZTE, Huawei sebenarnya lebih banyak menciptakan smartphone untuk di-bundlingdengan operator seluler di berbagai negara, termasuk Indonesia. Namun sayangnya, Huawei kurang begitu sukses untuk urusan menjual smartphone. Namun lain halnya ketika menjualmodem, Huawei dipastikan untung besar karena pasti laris manis. Sebagai informasi tambahan, seri smartphone dari Huawei yang banyak dikenal dan digunakan adalah Huawei Honor danHuawei Ascend. Apakah kamu pernah memilikinya?

Bonus: ASUS dan HTC dari Taiwan, Bukan China

Banyak yang mengira, dua produsen ternama ASUS dan HTC berasal dari China. Informasi tersebut jelas salah. Keduanya adalah produsen asal Taiwan. Eits, kamu jangan meremehkan barang-barang elektronik buatan Taiwan. Komponen komputer yang sering kamu gunakan, seperti GIGABYTE, Acer, Ben-Q, MSI, ASRock, Foxconn, dan yang lainnya juga berasal dari Taiwan lho!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>