Tips Menembus USM STAN

Tahukah kalian jika jumlah soal tes tertulis USM STAN dan waktu yang disediakan untuk mengerjakannya? Yap! Jumlah soal tertulis STAN adalah sebanyak 180 soal dan diberikan waktu 150 menit untuk mengerjakannya. Jika dirata-ratakan, maka adik-adik harus menjawab satu soal dalam waktu kurang dari 1 menit saja. Wow! Waktu yang sangat singkat bukan?

Dengan demikian, sangat penting untuk adik-adik menggunakan strategi yang tepat agar dapat mengerjakan tes tulis ini dengan sebaik-baiknya. Nah, di sini akan kami bagikan tips dan trik agar dapat lulus tes tulis USM STAN yang mungkin dapat menjawab kegalauan di hati adik-adik sekalian

Sebelum Ujian

 1. Mulailah belajar materi dan berlatih soal tiap harinya.

Mulailah untuk membiasakan diri berlatih model-model  soal yang  biasa keluar dalam USM STAN. Membiasakan diri untuk mempelajari soal-soal USM STAN tahun-tahun sebelumnya juga sangat membantu kita mengerjakan soal pada USM STAN nantinya. Hal itu karena model-model soal USM STAN dari tahun ke tahun tidak jauh berbeda. Setiap harinya adik-adik harus mengerjakan soal minimal 10-15 soal dan terus meningkat kuantitasnya menjelang USM STAN berlangsung. Dengan memulai sedini mungkin untuk berlatih mengerjakan soal, maka adik-adik tidak memiliki beban saat sudah mendekati pelaksanaan USM STAN karena adik-adik sudah berlatih dan sudah lebih siap. Pelaksanaan tes tulis USM STAN juga tidak bisa diperiksi kapan tepat waktu pelaksanaannya, namun menurut sejarah tahun-tahun sebelumnya, tes tulis STAN diadakan sekitaran bulan Juli.

2. Tiap akhir pekan, lakukanlah simulasi  mengerjakan soal USM di rumah.

Membiasakan diri dengan melakukan simulasi USM STAN sendiri sangatIah berguna. Simulasi tersebut akan membiasakan diri kita mengerjakan soal dalam waktu yang sudah dibatasi dan mengukur kemampuan kita dalam memahami materi yang sudah dipelajari. Mengerjakan USM STAN tidak hanya menuntut kita untuk dapat menyelesaikan semua soal, namun menuntut kita untuk mengerjakan soal sebanyak mungkin dalam batas waktu yang diberikan.  Oleh karena itu, kecepatan di sini menjadi poin penting untuk diperhatikan. Dengan membiasakan melakukan simulasi USM, maka adik-adik sudah terbiasa untuk mengerjakan soal dengan waktu yang terbatas tersebut.

Cara melakukan simulasi tes tulis STAN tersebut bisa dilakukan dengan mengerjakan soal sebanyak 180 soal dalam waktu 150 menit sama halnya dalam pelaksanaan USM STAN yang sebenarnya. Di situ adik-adik dapat menilai berapakah jumlah soal yang dapat diselesaikan. Jangan lupa juga untuk menilai apakah adik-adik lolos nilai mati atau tidak, dan  menilai poin yang adik-adik raih dengan memberikan poin +4 untuk jawaban benar, 0 untuk jawaban kosong, dan -1 untuk jawaban yang salah.

3. Carilah trik-trik cara cepat untuk mengerjakan soal TPA dan Bahasa Inggris

Tips dan trik untuk mengerjakan soal TPA dan Bahasa Inggris dengan cepat juga sangat penting diketahui. Kadangkala soal USM STAN memiliki pola tersendiri yang dapat dikerjakan dengan sekejap mata saja jika kita sudah mengetahui trik-trik didalamnya. Soal yang terlihat susah tersebut sebenarnya tidak sulit dikerjakan. Tips dan trik ini biasanya dapat ditemukan di buku-buku soal maupun di tempat-tempat bimbingan belajar yang diadakan.

4. Jangan merasa bosan dengan latihan soal

Melaksanakan rutinitas yang sama terus-menerus tentunya dapat menimbulkan rasa bosan dan jenuh. Namun tentunya rasa yang muncul tersebut tidak boleh bersarang lama-lama di diri kita. Saat rasa jenuh datang menghampiri, cobalah untuk mencari aktivitas-aktivitas lain yang dapat mengembalikan mood kalian, misal dengan beristirahat sebentar,  bermain game, bermusik, makan ice cream, dan melakukan  hal-hal menyenangkan lainnya.

5. Ikutilah Try Out USM STAN yang diadakan oleh bimbel-bimbel dan alumni

Mengikuti Try Out USM STAN sangatlah bermanfaat. Hal ini dapat membantu mengukur kemampuan kita dibandingkan dengan teman-teman lainnya. Di try out ini kita dapat melihat ranking kita di antara teman-teman lain  yang mengukuti Try Out tersebut. Walaupun tidak menunjukkan ranking secara nasional, namun hal ini bisa memberikan sedikit gambaran mengenai kemampuan yang kita miliki. Try out  sendiri biasa diadakan oleh bimbel –bimbel belajar STAN maupun oleh organisasi daerah yang biasanya diadakan di masing-masing daerah tersebut.

6. Menjaga kesehatan, makan makanan bergizi, dan berolahraga

Tanpa kondisi badan yang baik, apa yang sudah dilakukan tidak dapat berjalan dengan baik. Harus menjadi perhatian penting bahwa kesehatan juga menjadi poin penting yang harus diperhatikan. Tentunya akan menjadi sia-sia jika kita sudah belajar sangat keras namun gagal di ujian dikarenakan sakit. Oleh karena itu, istirahatlah jika adik-adik merasa lelah, jangan terlalu diforsir.  Jangan lupa juga untuk selalu makan-makanan bergizi, minum vitamin, dan berolahraga secara teratur agar badan tetap sehat dan siap menyongsong hari menuju USM STAN nantinya.

7. Mengikuti bimbingan belajar USM STAN

Mengikuti bimbingan belajar USM STAN dapat menjadi pilihan adik-adik yang ingin menambah wawasan dengan bantuan pengajar. Di bimbel adik-adik akan mendapat pengajaran dari guru-guru yang memang sudah handal dibidangnya dan banyak teman-teman baru untuk saling sharing ilmu pengetahuan. Bimbel juga biasanya sering mengadakan simulasi USM STAN dan evaluasi atas kemampuan dari anak didiknya.

8. Tingkatkan intensitas ibadah harian

Ini menjadi poin yang amat penting untuk dilakukan. Perbanyaklah ibadah dan beramal shaleh. Aktivitas ibadah dan beramal shaleh sendiri tidak hanya terbatas kita lakukan saat mendekati ujian maupun saat kita meminta sesuatu, namun harus didasarkan niat untuk beribadah kepada Tuhan. Jangan lupa pula untuk meminta doa dan restu dari orang tua, keluarga, teman, dan kepada siapapun yang kalian kenal. Sesungguhnya takdir Tuhan dan doa-doa dari merekalah yang membantu kalian lulus  dalam USM nantinya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>