Fitur dan Cara Menggunakan Adobe Photoshop CS5 (Bagian 1)

belajar-desain-grafis6

BAGIAN 1 :

Tentu telah banyak menggenai software yang satu ini apalagi bagi juru potret maupun Editing Foto baik digunakan oleh penerbit
Media ataupun Jasa media studio dan untuk pribadi. Bagi yang berkecimpung dalam pengambilan gambar karena Software Adobe Photoshop sangat membantu sekali untuk kerapian kerja mereka sehinga Media Gambar yang telah dihasilkan dapat terlihat atau Tampil lebih Optimal dibandingkan dari Hasil pengambilan pertama sebelum dilakukan pengeditan karena di dalam Adobe Photoshop mereka dapat melakukan Optimasi sesuai dengan kebutuhan atau Mengedit sesuai dengan keinginan untuk tujuan dari kerja Mereka baik dalam bidang periklanan atau usahanya. dan di dalam penggunaan di Adobe Photoshop tidaklah terlalu sulit untuk dipelajari dengan kata lain sangatlah mudah untuk digunakan dalam pengoperasiannya walaupun bagi seorang pemula , untuk itu banyak sekali orang yang menggunakan piranti Lunak ini. dalam perjalanan dari pembuat Adobe Photoshop yaitu diproduksi oleh Adobe System telah banyak mengeluarkan beberapa Generasi dari Versi kedelapan (Photoshop CS) sampai Adobe Photoshop CS5 yaitu Versi yang kedua belas yang kesemuanya dapat dijalankan untuk komputer Anda baik yang menggunakan Operating System Windows, Mac OS. maupun Linux.


CARA KERJA PHOTOSHOP

Silahkan membuka Adobe Photoshop kemudian pilih menu File -> Open. Kemudian pilih buka gambar apa saja.  (lihat gambar 1.1).

Namun apabila saat memuka Adobe Photoshop letak tool-tool (palette) Adobe Photoshop sudah dimodifikasi oleh pengguna sebelumnya. cara untuk mengembalikan letak palette ini gunakan menu Windows -> Workspace -> Reset Palette Location.

Area kerja Adobe Photoshop dapat dilihat pada gambar 1.1, yaitu:

A : Menu Bar, berisi perintah utama untuk membuka file, save, mengubah ukuran gambar, filter dan lain-lain.

B : Option, berisi pilihan dari tool yang Anda pilih. Misalnya dipilih kuas/brush, maka ukuran/diameter brush ada di sini.

C : Gambar, menampilkan gambar yang sedang dibuat atau diedit.

D : Pallete Well, cara cepat untuk mengakses palet brushes, tool resets dan Layer Comps. Juga dapat digunakan untuk meletakkan palet yang sering digunakan.

E : Toolbox, berisi tool untuk menyeleksi dan memodifikasi gambar.

F : Palette, berisi jendela-jendela kecil yang di dalamnya terdapat perintah dan pilihan untuk dokumen/gambar yang sedang dikerjakan.

Keterangan:

*Membuka dokumen dan membuat duplikat dokumen

–Untuk membuka gambar gunakan menu File -> Open, sedangkan untuk membuat duplikat gambar gunakan menu Image -> Duplicate.

*Mengubah ukuran gambar dan kanvas

–Jika ukuran gambar diubah, maka gambar akan membesar atau mengecil, lakukan dengan menu Image -> Image Size. Jika ukuran kanvas diubah, maka ukuran gambar tetap, akan ada kertas putih di sekeliling gambar, lakukan dengan menu Image -> Canvas Size.

* ToolBox

–tool-tool pada ToolBox, Silahkan dijalankan satu persatu untuk mrgrtahui fungsi-fungsinya masig-masing. Coba klik kanan pada tool yang memiliki segitiga di bagian kanan bawah untuk memilih tool yang tersembunyi.

*Mencerminkan dan Memutar Gambar

–Cobalah menu Image -> Rotate Canvas -> Flip Canvas Vertikal, Image -> Rotate Canvas -> Flip Canvas Horisontal. Untuk memutar gambar, pilih menu Image -> Rotate Canvas -> pilih sudut yang dikehendaki.

*Undo

–Undo digunakan untuk membatalkan perintah terakhir, tekan Alt+Ctrl+Z, atau gunakan pallete history.

*Memindahkan gambar ke dokumen lain

–Untuk memindahkan gambar gunakan Move Tool.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>