Inilah Penyebab Lamanya Pengisian Daya Pada Smartphone

Mungkin salah satu dari kita pernah mengalami lamanya mengisi daya baterai smartphone. Meski sudah di-charge selama berjam-jam masih saja belum terisi penuh tentu saja hal ini sangat menjengkelkan. Hal itu disebabkan oleh banyak faktor yang menyebabkan lamanya pengisian daya baterai.

Ilustrasi (Kredit: Pricearea)

Namun jangan khawatir, banyak tips yang dapat mengatasi lamanya pengisian daya baterai pada smartphone. Namun sebelumnya Anda harus mengetahui apa penyebab lamanya pengisian daya smartphone Anda, karena setiap masalah memiliki penyebab yang berbeda-beda.

Berikut ini macam-macam penyebab umum lamanya pengisian daya baterai smartphone Anda yang mungkin bisa Anda jadikan antisipasi jika hal yang tak diinginkan ini terjadi.

Kabel yang buruk

Kemungkinan pertama yaitu terletak pada kabel. Jika Anda mendapati lamanya pengisian daya baterai smartphone Anda, periksalah kabel charge-nya. Kemungkinan kabel yang Anda gunakan telah usang atau robek. Hal ini karena kabel charge sering ditekuk, ditarik dan ditancapkan ke listrik setiap hari.

Tentunya penggunaan kabel dengan waktu yang lama akan mengurangi kinerja kabel tersebut, jika penyebab lamanya pengisian daya smartphone Anda, cobalah ganti kabel charge Anda dengan kabel yang baru. Karena 90% masalah lamanya pengisian baterai smartphone terletak pada usangnya kabel yang dipakai.

Adaptor yang digunakan buruk

Masalah lamanya pengisian daya baterai smartphone juga bisa terletak pada adapator yang Anda gunakan. Benda kecil yang menempel pada stop kontak terkadang juga sering menimbulkan masalah lamanya pengisian daya baterai pada smartphone. Atau mungkin bisa saja adaptor yang ada gunakan memiliki output yang lemah dan tidak cocok dengan smartphone Anda.

Penggunaan adaptor sebaiknya mengikuti saran penggunaan dari vendor smartphone, dan jangan Anda mengambil resiko dengan mengggunakan adaptor yang tidak dianjurkan oleh vendor smartphone. Karena penggunaan adaptor yang tidak sesuai dengan smartphone juga berpengaruh besar pada lamanya pengisian daya baterai.

Kemungkinan sumber daya yang digunakan lemah

Salah satu faktor terpenting lamanya pengisian daya baterai smartphone adalah sumber daya listrik yang digunakan. Jika Anda menggunakan port USB yang ada pada PC untuk mengisi ulang daya baterai Anda, maka waktu pengisian akan menjadi lama. Bahkan dengan port USB v.3.0 sekalipun. Hal itu sangat wajar, karena port USB pada PC atau laptop memang tidak didesain khusus untuk mengisi ulang daya smartphone.

Terlebih jika Anda menggunakan port USB hub yang mana arus listriknya sudah terbagi-bagi. Penggunaan wireless charging atau mengisi daya secara nirkabel juga memakan waktu yang lama. Pengisian daya secara nirkabel memang keren, namun pastinya pengisian daya menggunakan charger konvensional masih lebih baik.

Menurunnya kualitas baterai

Peran baterai di topik ini juga sangat penting, karena memiliki peran utama dalam lamanya pengisian daya baterai. Kualitas baterai yang buruk merupakan faktor terpenting dalam penggunaan maupun pengisian ulang. Dengan semakin berjalannya waktu dan seringnya penggunaan, maka kualitas baterai akan semakin menurun.

Tentu hal itu sudah sangat umum, dan kabar baik untuk Anda jika menggunakan baterai yang dapat dilepas, karena Anda hanya perlu membeli baterai yang baru. Namun lain cerita jika Anda menggunakan smartphone dengan baterai yang tidak dapat dilepas, tentu jika kualitas baterai menurun Anda akan kesulitan untuk menngantinya. Jika Anda merasa baterai Anda telah memiliki umur yang lama serta sudah usang, segeralah ganti baterai smartphone Anda.

Aplikasi yang berjalan di latar belakang

Masalah lamanya pengisian daya baterai tak hanya dari sektor hardware, masalah bisa juga berasal dari proses latar belakang. Ya, aplikasi yang berjalan dilatar belakang juga berperan pada lamanya pengisian baterai smartphone. Karena aplikasi yang berjalan dilatar belakang akan memenuhi kapsitas RAM serta menggunakan kinerja CPU yang berlebihan.

Aplikasi-aplikasi nakal juga sering kali booting / berjalan secara otomatis meski sedang tidak digunakan atau hanya saat digunakan beberapa saat saja. Cara mengatasinya, Anda harus sering-sering mengecek task bar atau seringlah membersihkan recent apps. Jika masih ada aplikasi nakal yang tidak mau dihibernasi, cobalah untuk meng-uninstal dan rasakan perbedaannya.

Port micro USB terhambat atau rusak

Smartphone Anda sehari-hari sering keluar masuk saku celana Anda, tentu ini sangat berpotensi mengotori port USB pada smartphone. Mungkin port USB pada smartphone Anda tersumbat oleh tumpukan debu atau pertikel-partikel kecil, sehingga menghambat arus listrik yang akan masuk. Untuk mengatasinya cobalah dengan membersihkannya dengan benda kecil seperti tusuk gigi namun disarankan berbahan plastik dan lakukan perlahan. Jangan sampai merusak port USB yang ada pada smartphone Anda.

Masalah lain yang mungkin saja dapat timbul dari port USB karena port tersebut mengalami kerusakan. Kemungkinan pin yang ada pada port USB ada yang bengkok. Tentu jika sudah begini, solusinya Anda membutuhkan seseorang yang profesional untuk memperbaikinya. Karena untuk memperbaiki port USB pada smartphone diperlukan keahlian khusus, karena komponen ini menempel pada motherboard, harus menggunakan solder untuk mengganti port USB ini.

Masalah dari penggunaan 

Masalah merupakan masalah yang sangat klasik, lamanya pengisian daya baterai pada smartphone tidak semata-mata timbul dari smartphone itu sendiri, namun bisa juga timbul dari diri Anda. Ya, cobalah mengintrospeksi diri Anda, seberapa sering Anda menggunakan smartphone saat sedang melakukan pengisian daya? Seberapa sering Anda mengakses Facebook dan bermain game online ketika smartphone sedang ditancapkan ke charger?

Penggunaan daya baterai pada smartphone adalah penggunaan layar. Jika layar smartphone terus menyala saat smartphone sedang diisi ulang, maka sangat wajar jika baterai smartphone sangat lama untuk terisi penuh. Hal ini karena, daya lisrik yang digunakan oleh layar sama besarnya dengan daya yang masuk untuk mengisi baterai. Jadi, solusi untuk masalah ini tergantung pada diri Anda. Cobalah untuk tidak menggunakan smartphone ketika daya smartphone sedang diisi ulang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>