Fitur Autoplay di Facebook Bikin Boros Kuota Internet Anda? Berikut Cara Mematikannya

Seperti yang telah kita ketahui, Facebook memang telah memperbarui fitur autoplay video yang ada di timeline atau linimasa. Dengan aktifnya fitur autoplay tersebut maka kiriman video apapun yang ada di timeline versi aplikasi mobile atau versi desktop secara otomatis akan diputar.

Ilustrasi (Kredit: Edelman)

Ilustrasi (Kredit: Edelman)

Hal ini tentu tidak masalah jika sedang menggunakan jaringan WiFi, namun akan memberatkan pengguna jika menggunakan data internet seluler. Terlebih fitur ini tetap aktif meski smartphone menggunakan jaringan 3G/HSDPA/LTE. Sebenarnya tujuan Facebook ini mempermudah pengguna agar tidak perlu repot-repot mengetuk video pada timeline untuk memutarnya.

Namun bagi pengguna Facebook khususnya yang menggunakan aplikasi mobile pada smartphone dan menggunakan data seluler dengan kuota yang terbatas, tentu hal ini sangat menjengkelkan. Pasalnya, kebanyakan masyarakat Indonesia menggunakan paket data seluler terbatas/limited dan jika paket tersebut habis dengan cepat karena memutar video yang tidak dikehendaki, maka pengguna harus menambah biaya ekstra untuk membeli paket internet.

Sebenarnya pihak Facebook mengizinkan fitur ini untuk dimatikan, dan Facebook pun tidak mempersulit bagaimana cara mematikannya. Bagi Anda yang ingin mematikan fitur ini, dapat mengikuti langkah-langkah berikut.

Screen shot 2015-10-05 at 10.55.06 AM

Tombol opsi berbentuk segitiga/panah yang mengarah ke bawah

Untuk versi desktop Anda dapat mengklik tombol opsi yang ada di sudut kanan atas berbentuk segitiga (klik gambar di atas), kemudian pilih pengaturan. Setelah masuk ke pengaturan, pilih video yang terletak di pilihan paling bawah. Setelah masuk ke pengaturan video, Anda akan mendapati dua pilihan pengaturan tentang video.

Screen shot 2015-10-05 at 10.56.02 AM

Pilihan pertama adalah pilihan kualitas video yang akan diputar pada Facebook, pilihan yang ada adalah kualitas SD dan HD. Nah, sedangkan untuk fitur autoplay sendiri berada di pilihan kedua, Anda dapat mematikan atau menyalakan fitur ini sesuai kebutuhan Anda.

Sedangkan untuk perangkat mobile Android seperti smartphone atau tablet, dapat menekan tombol garis-garis yang ada di sisi kanan dalam Aplikasi Facebook, kemudian pilih pengaturan aplikasi. Setelah itu pilih “Video diputar secara otomatis” dan Anda akan disuguhkan tiga pilihan untuk fitur autoplay ini, yakni “On”, “WiFi Only”, dan “Off”.

Sebaiknya, pengguna dengan paket data seluler yang terbatas, lebih cocok memilih pilihan “WiFi Only”, karena saat menggunakan data seluler maka fitur autoplay tidak menyala, dan jika sedang tersambung dengan WiFi maka fitur tersebut otomatis menyala.

Bagi Anda pengguna perangkat iOS seprti iPhone atau iPad, cara untuk mengatur fitur autoplay berbeda dengan Android. Caranya adalah, Anda harus masuk ke “Setting” yang ada di menu iPhone atau iPad, bukan masuk ke aplikasi Facebook.

Setelah masuk ke pengaturan carilah aplikasi Facebook, kemudian  pilih “Setting”. Selanjutnya cari pilihan “video” dan pilih “Auto-play”. Kemudian Anda dapat memilih pengaturan sesuai kebutuhan Anda. Semoga tips berikut ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>