6 Cara Belajar Desain Grafis Otodidak

1. Kenali cara belajar anda terlebih dahulu.

Inilah bagian tersulit dari belajar Desain Grafis secara otodidak, mengenali cara belajar yang tepat dan efisien. Perlu disadari bahwa cara belajar setiap orang berbeda, sebagian orang mungkin lebih suka belajar desateori baru kemudian mengikuti tutorial. Sebagian lain mungkin akan melewatkan teori dan langsung pada praktek. Sebagian mungkin lebih nyaman dengan membaca studi kasus dari sebuah projek. Kenali juga media belajar Desain Grafis yang cocok buat Anda. Apakah Anda lebih suka belajar Desain Grafis lewat video, tutorial tertulis, atau mungkin lewat buku? Apakah Anda lebih nyaman dengan pembahasan yang detail atau yang sifatnya teknis, langsung praktek? Ya tentunya yang bisa menjawab pertanyaan itu adalah diri Anda sendiri.

So, bagaimana cara mengenali cara belajar Desain Grafis kita sendiri? Silakan bereksperimen dengan mencoba semua cara lalu evaluasi hasilnya. Langkah ini mungkin membutuhkan waktu lama, tapi setelah ini dikuasai, proses belajar Desain Grafis Anda akan lebih mudah. Nah itu yang pertama, kemudian selanjutnya bagaimana ? Simak pada sesi kedua dibawah ini.

2. Cari Guru / Tentor yang Profesional

Belajar Desain Grafis sendiri artinya Anda memiliki sedikit bahkan tidak ada kesempatan untuk bertanya. Cara terbaik adalah menghindari kondisi yang memungkinkan ini terjadi. Usahakan Anda belajar Desain Grafis dari Guru / Tentor terbaik yang bisa mengajarkan dengan mudah dan jelas. Jangan belajar Desain Grafis dari orang yang tidak berpengalaman (pemula) pengetahuannya yang terbatas mungkin malah menyeret Anda ke teknik-teknik yang sebetulnya tidak praktis atau malah tidak berguna. Lebih baik belajar langsung dari Pakar Desain Grafis / Ahlinya yang sudah berpengalaman di bidangnya. 

3. Mulai dari garis besar baru menuju detail

Di sekolah atau perguruan tinggi Anda belajar Desain Grafis dengan panduan kurikulum yang sifatnya mengikat. Materi belajar Desain Grafis dimulai dari tingkat awal dan berangsur-angsur makin tinggi. Ketika belajar Desain Grafis otodidak, kita mengatur sendiri apa yang akan dipelajari. Sebaiknya mulailah dengan mempelajari garis besar untuk memahami peran setiap materi.

4. Jangan banyak bertanya, manfaatkan internet

Di dunia internet ada banyak orang yang baik hati dan berbagai ilmu dengan ketulusan hati mereka. Mereka menulis tutorial gratis, artikel gratis, software gratis, buku gratis, dan banyak lagi. Itu dilakukan karena memang mereka bisa dan mereka mau. Ini bukan berarti bahwa Anda bisa begitu saja menyuruh mereka. Biasakan untuk selalu mencari solusi permasalahan Anda sendiri.

Langkah selanjutnya simak terus langkah ke 5 berikut ini.

5. Bergabung dengan Komunitas Desain Grafis

Komunitas yang baik biasanya aktif jika ada diskusi baru, penemuan baru, teknik baru dll. Sebelum bertanya, pastikan Anda telah mencari di arsip lama. Menanyakan pertanyaan yang sudah ada bisa jadi membuat Anda dianggap spammer. Biasakan juga untuk ikut aktif berdiskusi di pertanyaan-pertanyaan. Ingat bahwa tujuan forum adalah sharing, bukan untuk kita pribadi. Jadi kita harus tahu posisi kita dan kepada siapa kita bertanya, karena tujuan utama dari sebuahkomunitas Desain Grafis adalah Sharing.

6. Hindari pengalih perhatian

Perhatikan apa saja faktor yang bisa mengganggu proses belajar Desain Grafis Anda. Faktor ini mungkin saja facebook, twitter, email, atau orang-orang di sekitar Anda. Jika Anda harus sendirian, silakan pindah ke kamar tertutup, yang Anda bisa focus dengan tujuan tujuan utama Anda yaitu ingin belajar Desain Grafis secara otodidak. Kami yakin Anda akan bisa konsentrasi dan menemukan jawaban untuk permasalahan belajar Desain Grafis secara otodidak. Jika Anda ingin di bimbing langsung oleh pakar Desain Grafis Profesional, Anda bisa bergabung bersama kami. Sangat sederhana bukan untuk belajar Desain Grafis Otodidak.

Sumber : http://www.infocreativemedia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>