MANASIK HAJI, MELATIH DIRI MENUJU TANAH SUCI

IMG-20160908-WA0035 - Copy

MAN Lumajang- Sudah menjadi agenda rutin, setiap mendekati momentum idul adha, MAN Lumajang mengadakan manasik haji untuk melatih praktek ibadah yang juga menjadi salah satu rukun Islam. Manasik haji yang digelar kamis (8/9/16) yang lalu ditempatkan di lapangan Suko. “Tahun ini tempatnya kita letakkan di lapangan Suko setelah sebelumnya sempat kita lakukan di lapangan Kutorenon dan lapangan MTsN kata Ust. Zainal Arifin ketua panitia.

 

Kegiatan yang diwajibkan kepada setiap siswa kelas X ini adalah agenda tahunan yang wajib dilaksanakan. Dimulai sekitar jam 07.00 acara berakhir jam 10.30. “ Banyak hikmah yang bisa kita ambil dari kegiatan manasik ini, setidaknya kita mempelajari dengan rinci setiap tahapan-tahapan pelaksanaan haji, saya merasakan sendiri manfaatnya setelah melaksanakan haji” imbuhnya.

Agar pelaksanaan berjalan baik dan sesuai dengan keinginan, jauh sebelum pelaksanaan manasik haji, setiap siswa kelas X diminta menyetorkan hafalan seluruh bacaan manasik haji kepada wali kelas masing-masing. Selain itu, dalam pelaksanaannya diadakan semacam kompetisi tim terbaik yang dinilai berdasarkan kebenaran setiap tahapan pelaksanaan manasik haji. Dari hasil penilaian tim ahli di tiap tahapan, kelas X agama keluar sebagai juara 1, juara 2 kelas X IPA 2 dan juara 3 kelas X IPA 3. Selamat. (Humas/i_one)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>