Informasi Kelas Ikatan Dinas PLN di PENS Surabaya

Program Diploma 3 Kerjasama PLN (D3KPLN) merupakan salah satu program penerimaan mahasiswa baru PENS dengan fasilitas ikatan dinas yang merupakan kerjasama antara PT. PLN(Persero) dengan PENS dalam menyiapkan sumber daya manusia yang sesuai dengan standart kompetensi yang di butuhkan oleh PT. PLN sehingga lulusannya akan mendapat mendapat jaminan kerja di PT. PLN sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan pada saat proses pendidikan.

Program D3KPLN dilaksanakan berdasarkan MOU antara Direktur PENS dengan Direktur HCM PT. PLN disaksikan Direktur REN PT. PLN pada tanggal 8 April 2016 dalam rangka menyiapkan SDM yang lulusannya mendapat jaminan kerja di PT. PLN. Program D3KPLN memberi kesempatan kepada lulusan SMA/MA jurusan IPA, SMK lulusan segala teknik untuk memperoleh pendidikan tinggi yang berorientasi pada kemampuan dan keahlian terapan sekaligus mendapat jaminan kerja di PT. PLN apabila memenuhi persyaratan IPK ≥ 2,75 dengan masa studi  6 semester, sehat jasmani dan rohani.

PELAKSANAAN KERJASAMA PENDIDIKAN
1. Jumlah Peserta yang diikutsertakan dalam Program ini disesuaikan dengan kebutuhan Formasi Tenaga Kerja (FTK) tingkat pendidikan Diploma Tiga (D3) PLN.
2. Program Studi yang dilaksanakan adalah Teknik Elektro, dengan konsentrasi Teknik Tenaga Listrik.
3. Penerimaan Mahasiswa baru dilaksanakan tiap tahun akademik, dimulai pada tahun akademik 2016/2017 sampai dengan tahun akademik 2018/2019
4. Program dilaksanakan selama maksimum 6(enam) semester dengan beban studi maksimum 120 SKS.
5. Peserta wajib melaksanakan magang selama 6 (enam) bulan di PLN.
6. Selama magang peserta mendapatkan uang saku sebesar Rp 850.000,- (delapan ratus lima puluh ribu rupiah) per bulan dan PENS mendapatkan bantuan Rp 200.000,- (dua ratus ribu rupiah) per peserta.
7. Peserta wajib menyusun Tugas Akhir (TA) yang berkaitan dengan proses bisnis PLN.
8. PLN dan PENS menggunakan sistem gugur dalam melakukan evaluasi kepada peserta program.
9. Tiga peserta dengan prestasi terbaik pada masing-masing jurusan dapat diberikan penghargaan beasiswa oleh PLN.
10. Besarnya Bea siswa yang diberikan seperti yang mimaksud pada ayat 9 pasal ini adalah sebesar Rp 1.000.000,- (satu juta rupiah) yang diberikan pada semester 3 (tiga) atas prestasi semester 2 (dua)
11. Bea siswa diberikan kepada mahasiswa setiap 1 (satu) semester yang dibayarkan sekaligus yaitu sebesar Rp 6.000.000,- (enam juta rupiah).
12. Mekanisme pemberian sebagaimana dimaksud ditransfer langsung oleh PLN ke rekening bank mahasiswa yang bersangkutan.

Selama magang peserta mendapatkan uang saku sebesar Rp 850.000,/bulan peserta dengan prestasi terbaik mendapat beasiswa sebesar Rp. 6.000.000,-/semester, juga disediakan beasiswa bidikmisi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>