MANASIK HAJI SEBAGAI SPIRIT THE ISLAMIC CULTURE SCHOOL

IMG-20160908-WA0035 - Copy

MAN Lumajang-Menjadi generasi Islam yang tangguh dan berkarakter adalah spirit seluruh civitas akademika di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang sebagai bentuk konkrit slogan The Islamic Culture School. Salah satu kegiatan yang rutin dilaksanakan di momentum Idhul Adha adalah Manasik Haji, kegiatan ini dilaksanakan Selasa 29 Agustus 2017 di MAN Sport Center dan Laangan Gelora Suko Raya.

 

Kegiatan Manasik Haji tahun ini diikuti oleh 322 siswa, seluruh dewan guru dan Komite Madrasah. Menurut Waka Kesiswaan Wahid Hasyim, S.Pd, kegiatan manasik haji ini diwajibkan bagi seluruh siswa kelas X. “Manasik haji kita wajibkan bagi kelas X, jika ada yang udzur maka ia tetap wajib mengikutinya di kelas XI.” Tuturnya. Bahkan tidak hanya internal, manasik haji tahun ini juga diikuti oleh 4 guru dari kecamatan Tempeh. “ada 4 guru dari Tempeh yang mengikuti kegiatan tahun ini, kita memang tidak mengundang instansi lain karena peserta dari internal sudah banyak” kata Dra Masillah Ketua Panitia Manasik tahun ini.

 

Dimulai jam 07.00 WIB manasik haji secara resmi dibuka oleh Drs. H. Junaidi yang mewakili Kementerian Agama Lumajang. Dalam sambutannya ia mengatakan bahwa sangat penting mengikuti manasik haji, karena kalau hanya dipelajari tapi tidak dipraktikkan akan sulit dipahami.

 

Untuk mempermudah kegiatan, panitia menjadikan kelas sebagai rombongan haji dan wali kelas sebagai karomnya. Bahkan untuk efektifitas kegiatan, panitia memberikan penghargaan kepada rombongan terbaik. “Komite Madrasah kita minta untuk menilai rombongan terbaik masing-masing kelas, selanjutnya akan diberi penghargaan” kata Dra Masillah. Kegiatan manasik haji sendiri berakhir pada jam 10.25 WIB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>