RESAH DENGAN BERITA HOAX, CREW MADUNA GELAR DIKLAT JURNALISTIK

Diklat Jurnalistik MADUNA MAN Lumajang

manlumajang.sch.id- Resah dengan maraknya berita hoax yang belakang ramai, puluhan siswa MAN Lumajang mengikuti diklat Jurnalistik di Islamic Center pada 7/10/18 dengan tema “Menulis Itu Mengukir Peradaban”. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Crew Majalah MADUNA MAN Lumajang, yang keseluruhan crewnya berasal dari siswa.

“melihat carut marut berita hoax yang bikin gaduh, kegiatan literasi semacam ini menjadi hal penting yang harus terus dilakukan” kata Ihwan, Pembina Majalah MADUNA MAN Lumajang.

Sudah sewajarnya, menurut Ihwan, generasi milenial atau generasi 4.0 wajib sadar literasi. “Hanya dengan gadget kita bisa tahu seluruh informasi, dan akan sangat fatal jika informasi yang diterima ternyata hoax” ujar ihwan.

Kegiatan diklat jurnalistik tersebut sebenarnya adalah kegiatan rutin crew majalah, yang hingga hari ini sudah terbit edisi 11. Namun khusus kali ini menyasar semangat literasi siswa. “ini kegiatan rutin, tapi untuk tahun ini semua bersepakat untuk memperkuat literasis siswa” tutur Atika, Pimred Majalah MADUNA.

 

Pimred MADUNA memberikan cinderamata

Pimred MADUNA memberikan cinderamata

Selain untuk memberikan bekal menulis, kegiatan tersebut juga sebagai ajang koordinasi antara crew lama dengan crew baru yang direkrut. Hadir sebagai pemateri antara lain Ahmad Arif Ulin Nuha, Reporter JTV yang juga ketua Forum Komunikasi Wartawan Lumajang dan Ketua LTNU Lumajang. Selain itu, Hafidz Afnan, Wartawan Radar Semeru juga turut memberikan materi.

Kegiatan ini juga disambut positif Wakil Kepala bidang Kesiswaan, Wahid Hasyim, S.Pd. Menurutnya, kegiatan-kegiatan konstruktif seperti ini harus selalu diberikan kepada siswa untuk bekal mereka setelah lulus dari MAN. “Kami mengapresiasi, dan memang kegiatan ini harapannya jadi bekal mereka kelak” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>