PELAKSANAAN MANASIK HAJI MAN LUMAJANG 1440 H

P_20190813_092518[1]

PELAKSANAAN MANASIK HAJI MAN LUMAJANG 1440 H

Manasik haji adalah peragaan pelaksanaan ibadah haji] sesuai dengan rukun-rukunnya. Dalam kegiatan manasik haji, calon jamaah haji akan dilatih tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji yang akan dilaksanakannya, misalnya rukun haji, persyaratan, wajib, sunah, maupun hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama pelaksanaan ibadah haji. Selain itu, para calon jamaah haji juga akan belajar bagaimana cara melakukan praktik tawaf, sa’i, wukuf, lempar jumrah, dan prosesi ibadah lainnya dengan kondisi yang dibuat mirip dengan keadaan di tanah suci.

Kegiatan Manasik haji di MAN Lumajang merupakan agenda rutin tahunan yang selalu dilaksanakan setiap bulan Dzulhijjah, pada tahun ini dilaksanakan bertepatan dengan 12 Dzulhijjah 1440 H atau 13 Agustus 2019 dengan di ikuti oleh seluruh Ustadz dan Ustazah serta seluruh siswa kelas X (sepuluh). Dalam pelaksanaan Manasik Haji 1440 H tahun ini di ikuti sebanyak 254 peserta yang terbagi menjadi 8 Rombongan. Dan dihadiri oleh Komite MAN Lumajang dan beberapa tamu dari KBIH di Kabupaten Lumajang.

Dalam sambutannya, H. Hasanudin, M.Pd.I kepala MAN Lumajang menyampaikan bahwa Manasik haji juga diperlukan guna memberikan pemahaman kepada setiap calon jamaah haji tentang tujuan utama keberangkatan mereka ke tanah suci. “Manasik haji sangat bermanfaat bagi para calon jamaah haji, karena setelah melaksanakan manasik haji, para calon jamaah haji akan dapat memahami hal-hal apa saja yang harus dilakukan pada saat melakukan ibadah haji nantinya”. Tutur beliau dalam sambutannya. Beliau juga menyampaikan bahwa para calon jamaah haji nantinya juga mempelajari budaya, bahasa, dan kondisi alam di Arab Saudi.

Drs. H. Muhammad Junaidi Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lumajang menyampaikan bahwa Orang berhaji itu harus melaksanakan Rukun dan Syarat Haji dan Istito’ah, “Para Asatidz Asatidzah harus membibing siswanya agar menjalankan kegiatan manasik haji berjalan seperti haji dan umroh sebenarnya” tuturnya. Setelah melaksanakani sambutannya, Bapak Junaidi juga membuka pelaksanaan kegiatan Manasik Haji MAN Lumajang 1440 H. (mz zoe)

By. Humas MAN Lumajang
PUSAT INFORMASI MAN LUMAJANG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>