TES BAKAT SCHOLASTIK MAN LUMAJANG

IMG-20191003-WA0011

MAN Lumajang sebagai bagian dari Madrasah Aliyah Negeri di Propinsi Jawa Timur, mengadakan kegiatan TBS yakni Tes Bakat Scholastik dengan menggunakan CBT. Ada 4 hal substantif tujuan mengadakan TBS antara lain adalah: Pertama untuk mengetahui kemampuan penalaran siswa, kedua kemampuan tes numeril / angka, ketiga kemampuan tes logika dan keempat kemampuan tes spasial / gambar. Target TBS adalah untuk mengukur sejauh mana kemampuan peserta didik untuk mengerjakan soal dengan durasi waktu yang disediakan serta mampu menjawab pertanyaan dengan benar.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 03 Oktober 2019, yang diikuti oleh kelas XII IPA/IPS/ AGAMA sejumlah 318 siswa. Pelaksanaan TBS ini dilakukan dengan 3 sessi dengan 2 ruang CBT yang di miliki Madrasah Aliyah Negeri Lumajang. Jumlah soal TBS yang dikerjakan peserta Didik sebanyak 75 butir dengan durasi waktu 90 menit. Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan TBS adalah hardware komputer perlu ada tambahan komputer untuk 1 ruang lagi.

Semangat peserta didik MAN Lumajang dalam mengikuti TBS tidak bisa diragukan lagi. Salah satu peserta didik mengatakan sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Karena manfaatnya akan dijadikan landasan dalam melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri yang diinginkan. (By edy)


HUMAS MAN LUMAJANG

PUSTEKFO MAN LUMAJANG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>