Bersama Ustadzah Nova, belajar Sejarah Jadi Istimewa…

IMG-20191002-WA0019

    Ada yang berbeda dengan pelajaran sejarah kali ini. Anak –anak diajak Mabar (Main Bareng) ustadzah Nova. Istilah yang sering diucapkan kaum milenial saat bermain game online ini, sekarang bisa diterapkan dalam pembelajaran sejarah. Game online ini isinya bukan perang, tetapi kuis seputar sejarah.

Setelah materi pembelajaran sejarah selesai, dilaksanakan evaluasi pembelajaran dengan media kuis yang bernama Quizizz. Siswa dituntun untuk bermain kuis dalam web. Kuis ini bisa diakses oleh semua siswa melalui smart phone mereka di website tanpa harus menginstal aplikasi yang menghabiskan memori smartphone. Siswa langsung memainkan kuis setelah guru menekan tombol start game . Siswa langsung antusias mengerjakan kuis tersebut karena ada waktu sesuai aturan guru. Kuis ini juga sangat interaktif karena mengerjakan soal bisa dengan diiringi musik. Siswa yang selesai menjawab pertanyaan dengan benar maka akan muncul berapa poin yang didapatkan siswa di layar LCD. Nilai siswa saling berkejar-kejaran di layar LCD sehingga membuat siswa bersemangat untuk segera menyelesaikan soal.

 IMG-20191002-WA0021IMG-20191002-WA0023 IMG-20191002-WA0022

Quizizz memberikan data dan statistik tentang kinerja siswa. Guru dapat melacak soal yang paling mudah dan paling sulit melalui berapa banyak siswa menjawab dengan benar. Semua nilai siswa bisa langsung masuk ke akun guru yang bersangkutan. Guru juga dapat memberikan pekerjaan rumah melalui Quizizz dengan memberikan jangka waktu pengerjaan soal.

Selain itu ustadzah Nova juga mengajak siswa untuk menscan kasus sejarah lewat barcode. Sekarang tidak hanya belanja yang menggunakan barcode, tapi pelajaran juga tidak mau ketinggalan tren. Siswa dibentuk menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok diberi satu tugas tentang kasus sejarah, namun disusun secara acak dalam barcode-barcode. Siswa harus mencari dan menscan barcode-barcode tersebut dengan kamera smart phone mereka untuk menemukan konsep-konsep sejarah yang acak tadi. Fungsi barcode disini tidak hanya sebagai alat scanner, namun juga sebagai media agar tiap kelompok menemukan konsep sejarah yang sesuai dengan materi kelompok mereka. Setelah siswa menemukan dan menscan barcode-barcode tersebut, siswa kemudian menyusun dan mendiskusikan materi kelompok, setelah itu dipresentasikan di depan kelas. Dengan begini, siswa menjadi lebih paham tentang konsep sejarah karena mereka harus mencari tahu sendiri.

Media pembelajaran ini diharapkan bisa membuat pembelajaran sejarah menjadi menyenangkan dan output nya siswa dapat meningkatkan nilai akademik serta meningkatkan rasa nasionalisme siswa terhadap sejarah perjuangan bangsa. Penggunaan media pembelajaran yang inovatif oleh guru turut menyukseskan program GERAMM yang mana masuk dalam program GEMI (Gerakan Madrasah Inovatif). Salam JAS MERAH (Jangan sekali-sekali melupakan sejarah). (NOVA)

HUMAS MAN LUMAJANG

PUSTEKFO MAN LUMAJANG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>