IMPLEMENTASI GERAKAN FURUDHUL ‘AINIYAH MELALUI PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA MADRASAH TENTANG AMALIYAH FIKIH SEHARI-HARI

IMG-20191119-WA0013

Pertengahan tahun 2019, Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur menginisiasi program Gerakan Ayo Membangun Madrasah (GERAMM) untuk seluruh Madrasah di Jawa Timur. Salah satu sub program dari GERAMM adalah Gerakan Furudhul ‘Ainiyah (GEFA), yakni gerakan yang bertujuan untuk mencetak profil alumni madrasah berwawasan keagamaan yang mumpuni. Menindaklanjuti program tersebut, Madrasah Aliyah Negeri Lumajang berupaya terus mengimplementasikan GEFA di setiap kegiatan madrasah. Salah satunya, melalui kegiatan “Jumat Berkah” yang dilaksanakan setiap Jumat pagi.

Ada yang sedikit berbeda, di kegiatan Jumat Berkah 15 November 2019. Salah seorang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Guru Fikih, Bapak Khumaidi memberikan materi tentang amaliyah fikih sehari-hari yang harus dikuasai oleh siswa Madrasah Aliyah. Materi disampaikan dalam sebuah forum yang dihadiri oleh seluruh siswa MAN Lumajang dengan model kuliah umum. Beberapa materi yang disampaikan di antaranya tentang tata cara (kaifiyah) shalat sunnah, seperti shalat gerhana, shalat tasbih, shalat istikharah, shalat istisqa’, dsb. Juga materi tentang shalat dalam keadaan rukhsah, seperti shalat orang sakit (duduk dan terlentang), shalat jamak qasar, dan shalat khauf. Juga disampaikan materi tentang prosesi pengurusan jenazah dan akad nikah (ijab kabul).

IMG-20191119-WA0007

Setelah melaksanakan kuliah umum, pembelajaran dilanjutkan di kelas X Agama, agar lebih mendalam dan mengena untuk siswa. Pembelajaran dilaksanakan dengan metode pembelajaran role play. Siswa terlebih dahulu diberikan modul ringkasan amaliyah fikih dalam bentuk digital, agar bisa dibawa kemana mana. Kemudian siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk memerankan salah satu tema yang diberikan. Output dari pembelajaran ini adalah siswa mampu memerankan salah satu tema amaliyah fikih, dan merekamnya dalam bentuk video. Adapun video hasil karya siswa di antaranya video tentang “Mengkafani Jenazah”, “Akad Nikah”, “Shalat Khauf”, “Shalat Musafir”, dan “Shalat Orang Sakit”. Video dapat diakses di Youtube “Manja TV”, akun youtube resmi milik MAN Lumajang. (Humaidi)

 

BY. HUMAS MAN LUMAJANG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>