OBSERVASI LAPANG DI PABRIK TEH KERTOWONO

 IMG_7772

Pembelajaran tidak hanya bisa dilakukan di dalam kelas saja, akan tetapi Pembelajaran bisa dilakukan diluar kelas karena Pembelajaran di luar kelas (outdoor study) adalah salah satu metode pembelajaran yang aktivitas belajarnya berlangsung di luar kelas/sekolah seperti; taman, perkampungan, kebun dan lain-lain dengan tujuan untuk melibatkan pengalaman langsung serta menantang semangat petualangan siswa agar lebih akrab terhadap lingkungan dan masyarakat.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Siswa-siswi MAN Lumajang melalui kegiatan Observasi Lapang ke Pabrik Pengolahan Teh Kertowono Gucialit Lumajang pada tanggal 21 Nopember 2019 yang diikuti oleh pengurus Koperasi Siswa Al Barokah beserta anggotanya. Observasi ini dilaksankan dalam rangkaian kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (DIKLAT) Kader Koperasi Siswa Al Barokah MAN Lumajang.

Pabrik Kertowono adalah salah satu pabrik teh terbesar di Kabupaten Lumajang yang sampai saat ini masih aktif memproduksi teh. Pabrik Teh Kertowono terletak di Kecamatan Gucialit,Kabupaten Lumajang,Jawa Timur. Pabrik ini berada di atas ketinggian 650 hingga 1250 mdpl dengan luas sekitar 931,82 hektare. Ciri khas pabrik ini adalah teh hijau Ketowono.


Pabrik Teh ini sudah berdiri sejak tahun 1910. Komoditas awal perkebunan ini adalah kopi dan kini ditetapkan menjadi kebun teh. Meski sudah lebih dari seabad,sejumlah jejak kolonial  ditemukan diarea tersebut. Kalian bisa melihat peninggalan dari beberapa jejak kolonial Belanda yang masih utuh dan hingga kini. Bentuk-bentuk bangunan lawas masih sangat terasa,ditambah hawanya yang sangat sejuk dan tampak deretan jendela serta pintu berukuran besar.


Fasilitas yang terdapat pada kawasan ini adalah salah satunya villa. Villa ini bisa dikunjungi oleh siapapun dan juga bisa dijadikan tempat penginapan. Dan kebun teh yang menjadi sarana wisata bagi pengunjung. Banyak wisatawan yang menjadikan kebun teh ini menjadi sport foto.

IMG_7779

Menurut Ustazah Sucik Isnawati, S.Pd selaku pembina Koperasi Sisiwa AL Barokah menyampaiakan bahwa Observasi Lapang ini betujuan memberikan wadah edukasi dalam belajar dan mengetahui tentang bagaimana tata cara mengolah dan mengemas teh. “ anak-anak disini tidak hanya diajarkan dan di berika ilmu tentang mengolah serta mengemas teh saja, akan tetapi anak-anak juga diajarkan bagaimana menjadi entreprenuer (berjiwa wirausaha) yang baik dan benar” tuturnya. (mz zoe)

 

BY. HUMAS MAN LUMAJANG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>