KEUNTUNGAN BELAJAR DI LUAR KELAS

IMG_7726

Belajar di luar ruangan kelas merupakan salah satu upaya terciptanya pembelajaran terhindar dari kejenuhan, kebosanan, dan persepsi belajar hanya di dalam kelas. Pembelajaran tak perlu melulu dilakukan di dalam kelas, tetapi bisa dilaksanakan di luar kelas, seperti di tempat-tempat terbuka tempat manusia bisa saling berinteraksi.

“Sengaja, kami mengajak para siswa untuk belajar di luar kelas agar mereka tidak jenuh, dan dapat mengembangkan kreativitas serta melihat berbagai hal untuk mengglobal,” kata Ustadz H. Yayok Wauyudi M.KPd, Guru Fisika dan Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum. Beliau mengatakan, kegiatan seperti ini dirasakan betul manfaatnya, karena selain dapat mengubah persepsi pembelajaran anak-anak juga sekalian bisa bertadabbur alam. “Mengajak siswa belajar di luar kelas dapat memberi pengaruh positif, dapat menambah wawasan, bahkan dapat langsung diaplikasikan di lapangan,” ucapnya lagi.

Dalam hal ini beliau mengajak siswanya untuk belajar dan berdiskusi di Gazeboo depan ruang kelas. Gazebo adalah suatu bangunan yang ada di taman atau dihalaman sekolah, biasanya tiap sisinya terbuka karena sesuai dengan tujuan utamanya, gazebo merupakan tempat yang nyaman untuk menikmati taman dan belajar diluar kelas dan untuk bersantai. Dengan sisi yang terbuka, semua yang sedang berada di dalamnya dapat menikmati pemandangan taman dengan lebih bebas juga dapat menikmati udara yang bertiup tanpa terhalang penutup pada tiap sisi dan bisa belajar dengan santai , nyaman dan senang untuk belajar. (mz zoe)

 

BY. HUMAS MAN LUMAJANG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>