MAN LUMAJANG TUAN RUMAH RAKOR MA SKS SE-JATIM

IMG_8077

MAN Lumajang menjadi tuan rumah pelaksanaan Rapat Koordinasi (Rakor) Madrasah Aliyah (MA) Penyelenggara Program Sistem Kredit Semester (SKS) se-Jawa Timur di Aula Lantai II Madrasah Terpadu Model Pondok Pesantren (MADU MPP), Rabu (27/11/2019). Rakor tersebut diikuti para kepala madrasah dan wakil madrasah bidang kurikulum, sejumlah pejabat di lingkungan Kemenag termasuk  Kepala Bidang Pendma Kemenag Provinsi Jatim.

Kepala Bidang Pendma Kemenag Provinsi Jatim, Sruji Bahtiar mengapresiasi madrasah-madrasah penyelenggara SKS. Beliau juga menambahkan prinsipnya tidak ada persoalan dalam penyelengaraan program SKS, termasuk dalam pelaksanaan UNBK. Bila memang ternyata masih ada masalah, dirinya mendorong untuk duduk bersama mencari solusi, dan bukan malah mencari kesalahan akibat perbedaan persepsi soal SKS. “Bila perlu kita adakan kegiatan semacam rembuk nasional untuk mencari solusi. Madrasah Aliyah di Jatim sebagai penggerak SKS bisa mempelopori itu,” imbuhnya.

kasi kurikulum

Bagi dia, keberadaan lembaga pendidikan di Jatim punya peran penting untuk merealisasikan kegiatan rembuk nasional. Karena bagaimanapun, Jatim merupakan kiblat dalam penyelenggaraan pendidikan nasional, baik untuk pendidikan reguler maupun program SKS. “Kita cari solusi, dan bukan mempertahankan pendapat kita soal SKS,” ucapnya seraya minta untuk mengkaji regulasi program SKS secara menyeluruh.

Dia mengaku siap men-support. Namun dirinya tidak ingin madrasah terjebak hanya masalah SK penyelenggara SKS, padahal ada tantangan lebih berat di depan. Yakni, masalah kualitas anak didik madrasah. Mengingat, nilai hasil ujian nasional anak didik madrasah masih jauh dari target nasional, sehingga perlu dicari solusi untuk meng-upgrade-nya. “Kita fokus pada Ujian Nasional dan ini tugas berat yang harus dituntaskan dalam tempo sesingkat-singkatnya,” imbaunya. (mz zoe)

BY. HUMAS MAN LUMAJANG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>