MUTeR MutER ke JOGjA MAN LUMAJANG 2019 ( Episode 1 )

WhatsApp Image 2019-12-11 at 20.09.21
Kegiatan tahunan Madrasah Aliyah Negeri Lumajang bagi kelas XI IPA, IPS dan Agama dilaksanakan mulai hari Selasa-kamis, 10-12 Desember 2019. H.Hasanudin, M.Pd.I selaku Kepala melepas pemberangkatan study wisata ke kota gudeg Jogjakarta. ” Kegiatan study wisata ini merupakan bentuk pembelajaran di luar kelas untuk mengamati apa yang ada di alam kemudian bisa di terapkan dalam kehidupan masyarakat” kata H. Hasanudin, M.Pd.I.  Di samping itu, beliau berpesan jaga kebersamaan jangan sampai lupa sholat lima waktu.
Perjalanan dari MAN Lumajang di awali dengan membaca sholawat Fatih, doa shafar dan membaca surat Al Fatihah di pimpin koordinator masing-masing Bus yang berjumlah 6  bus. Rombongan sampai di Jogja, hari Rabu, 11 Desember 2019, jam 03.30 WIB, langsung melaksanakan shalat subuh berjamaah di Masjid Kodim Gunung Kidul serta sarapan pagi di warung Kirun. Perjalanan selanjutnya adalah mengunjungi Goa Pindul tepat jam 07.30  WIB ” Ada hikmah bagi peserta study wisata ke Goa Pindul, pertama ; menikmati kebesaran ciptakan Allah SWT bentuk Goa yang eksotik berbentuk tulang manusia yang indah. Kedua ; tercipta teamwork yang solid karena antara peserta satu dengan yang lainnya saling memegang tali ban agar tidak lepas dari rombongan” kata ustaz Hadi dan Neng Tia.

Ada hal menarik lainnya, di wisata Goa Pindul peserta mulai membuat laporan kegiatan dalam bentuk video flog dikirim ke grup panitia study wisata sebagai bentuk laporan ke pimpinan atas langsung H. Hasanudin, M.Pd.I, selaku Kepala MAN Lumajang.

WhatsApp Image 2019-12-11 at 20.09.23
Lokasi kedua adalah proses pembuatan bakpia Kirun tepat jam 09.30 WIB, peserta tidak hanya di ajak untuk mencicipi bakpia tetapi di tunjukkan juga proses pembuatan bakpia orisinil basah dan kering. Bakpia basah masa waktu bisa disimpan sampai 5 hari tetapi bakpia kering bisa sampai 15 hari. Meskipun demikian, peserta merasa enjoy melihat proses pembuatan dan cara pemasaran bakpia Kirun. Kunjungan ke tiga adalah Puncak Becici tepat jam 11.30 WIB, yang sekelilingnya tumbuh pohon Pinus. Rohim kelas XI IPA 2 mengatakan Puncak Becici keindahannya keren, karena kondisi hutannya terlindungi. Di samping itu destinasinya juga bisa di buat outbond, perkemahan serta pentas seni. Kunjungan keempat adalah Marlboro untuk menyiapkan oleh oleh di rumah serta belajar melihat proses transaksi jual beli yang sangat ramai dan digemari. Sebab jika ke Jogja tidak singgah ke Marlboro kurang sempurna dengan harga terjangkau serta tawar menawar harga yang berani. Inilah perjalanan study wisata episode 1, Rabu 11 Desember 2019, ( edi )

BY. HUMAS MAN LUMAJANG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>