This domain has recently been listed in the marketplace. Please click here to inquire.

spamcheckr.com

Tips Menyelesaikan Tugas Akhir

Bagi sebagian peserta Prodistik, Sepertinya Tugas Akhir merupakan beban yang sangat berat. Agar tugas akhir tersebut bisa terselesaikan dengan baik, Berikut ini beberapa tips menyelesaikan tugas akhir dengan cepat :

Rencanakan kapan mau lulus

Merencanakan kapan mau lulus berkaitan dengan dua hal, pertama adalah tingkat kesulitan topik tugas akhir serta rencana pengerjaan tugas akhir itu sendiri.

Hal yang pertama berkaitan biasanya dengan pemilihan topik dan tingkat kesulitan tugas akhir Biasanya sih, dosen pembimbing yang baik akan bisa memperkirakan kemampuan sang mahasiswa serta target mahasiswa itu lulus. Saya belajar hal ini dari dosen pembimbing saya , beliau bijak dalam memberi tingkat kesulitan kepada mahasiswanya, dimana disesuaikan dengan target lulus sang mahasiswa. makanya dosen pembimbing itu di “manfaatkan” baik baik ajak curhat ajak ngobrol , karna mereka orang tua kita di kampus

Bijaklah dalam memilih topik skripsi

tentukan tema dan judul. pastikan kamu punya passion untuk meneliti tema atau topik yang kamu ambil itu. soalnya kalo nggak ada passion di situ, takutnya di tengah-tengah jalan, jadi males buat nglanjutin. kadang ada passion aja suka males, apalagi kalo nggak ada passion. selain itu, untuk lebih mantapnya, kamu bisa konsultasikan judul atau tema itu ke dosen kamu, bisa diteliti atau nggak tema dan judul yang kamu pilih itu.

Inisiatif dalam mencari informasi

Jangan malu untuk bertanya kepada kakak angkatan atau kepada teman. Karena sekali kita tertinggal informasi, kita akan rugi walaupun sebetulnya kita mampu untuk melaksanakan kewajiban. Misalnya, kalau ada mahasiswa yang lupa kapan ujian dilaksanakan lalu ujiannya dapat , itu bukan berarti mahasiswa tersebut kemampuannya, tapi karna tidak tahu kapan ujian dilaksanakan.

Waktu yang (terlalu) banyak 

Waktu yang banyak apabila dikelola dengan baik akan menjadi sumber daya yang berharga saat mengerjakan skripsi. Bahkan menurut saya sih, lebih berharga dari uang transport sisa karena mengkarantina diri sendiri di sekolah atau di rumah.

Penyakit Malas

kalo ini sih udah ada di dalam diri manusia susah dihilangkan , jadi biarkan aja tetap malas, hanya saja kemalasan itu yang harus kita sesuaikan dengan manajemen waktu kita, cara mengantisipasinya adalah dengan cara MENCICIL ya MENCICIL , simple but effective  kalo kamu udah memikirkan Skripsi di semester 3 dan mulai nyicil tulisan sedikit demi sedikit maka kamu bisa lebih santai disemester akhirnya tanpa terdesak , dan masih bisa gaoool ama teman , ITU YANG UDAH SAYA LAKUKAN DAN BERHASIL !!!

Jangan ngilang dari hadapan dosen pembimbing

Mahasiswa menghindar dari dosen pembimbing biasanya karena “ga ada progress” sehingga malu untuk “menghadap”. Rasa malu ini kemudian menjadi rasa “enggan” lalu menjadi “malas” dan akhirnya benar-benar skripsinya tidak akan pernah selesai.

Kalau menemui kesulitan, ya datangilah dosen pembimbing karena itu adalah tugasnya yakni untuk membimbing. Dosen pembimbing memiliki pengalaman yang tidak kita punya, yang bisa ia bagikan kepada kita.

So, kalau sekarang anda lagi “buron” dari dosen pembimbing, ya temuilah dosen tersebut dan bicarakan masalah anda.

 Cicil menulis

cama seperti tulisan saya sebelumnya tentang malas , Mungkin ada saatnya kita jenuh ketika mengerjakan penelitian, saat seperti ini bisa digunakan untuk mencicil menulis. Mulailah dengan sekedar membuat layout skripsi seperti margin, spasi, judul bab dsb.

Saya rasa bab 2 atau biasa dikenal dengan bab landasan teori adalah bab yang mudah untuk ditulis dahulu bahkan sebelum penelitian kita selesai. Bab landasan teori adalah bab yang merangkum teori yang kita gunakan dalam penelitan. Saya rasa bab ini adalah bab yang paling mudah untuk dicicil terlebih dahulu.

Terbiasalah dengan kata “revisi”

Setelah selesai menulis baik bab yang saling lepas atau skripsi secara keseluruhan, maka dosen pembimbing akan memeriksa hasil penulisan kita. Saat seperti inilah ketika kita harus me-revisi pekerjaan kita, baik revisi minor atau mayor.

Revisi bisa berupa hal kecil seperti format penulisan, salah penulisan, urutan sub-bab yang keliru, format gambar, format tabel dsb. Hal-hal seperti ini terkadang menguras emosi.

Revisi juga bisa berupa hal yang prinsip, seperti kurangnya landasan teori atau kurangnya referensi dari buku/artikel.

So, terbiasalah dengan “revisi”, selesaikan anjuran revisi dari dosen pembimbing dengan cepat maka skripsi akan cepat selesai.

Semoga bias membantu peserta PRODISTIK yang belum menyelesaikan Tugas Akhir  SMANGATTTTT!!!! (ZACK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>