PRAMUKA MAN LUMAJANG HIJAUKAN BUMI PERKEMAHAN GLAGAHARUM LUMAJANG.

20201023083332_IMG_9217

Pemerintah Kabupaten Lumajang melakukan penghijaun lingkungan di Bumi Perkemahan Glagaharum, Desa Kandangtepus, Kecamatan Senduro, Jumat (23/10/2020). Kegiatan ini dalam rangkaian peringata Hari Sumpah Pemuda ke-92 yang jatuh tiap tanggal 28 Oktober. Mengusung tema 1000 Pemuda Hijaukan Bumi Glagaharum, kegiatan ini mengajak peran kaum milenial untuk menghijaukan kembali kawasan yang gundul.

Tak mau ketinggalan, Pramuka MAN Lumajang juga ikut andil dalam kegiatan tersebut dengan mengirimkan peserta terbanyak yakni 50 anggota Pramuka dengan didampingi 5 Pembina yakni Kak Rahmad, Kak Ana, Kak, Ainul, Kak Habib dan Kak Latif. Penanaman 2000 bibit ini diawali ide Ibu Wakil Bupati Lumajang (Indah Amperawati) yang juga sebagai ketua Kwartir cabang Gerakan Pramuka Lumajang hal ini dilaksanakan agar Bumi Perkemahan Glagaharum, akan menjadi ikon bumi perkemahan di Jawa Timur.

Penanaman pohon ini juga diikuti oleh seluruh Kwartir Ranting di Kabupaten Lumajang serta Dinas-dinas terkait sekabupaten Lumajang. Tak lupa beberapa Gugusdepan, Satuan Komunitas serta Satuan karya Gerakan Pramuka Lumajang juga ikut berpartisipasi. Dalam kegiatan ini juga dihadiri Bupati Lumajang Bapak H. Thoriqul Haq, MML yang juga sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Lumajang.

Bupati Thoriqul Haq menyampaikan bahwa keterlibatan pemuda dalam penanaman pohon dinilai positif. Menurutnya melalui penanaman pohon ini diharapkan dapat menumbuhkan peran pemuda dalam menjaga dan berkontribusi terhadap alam.

Bupati bangga dengan keberadaan Bumi Perkemahan Glagaharum karena akan menjadi destinasi alam unggulan di Jawa Timur. Terlebih Glagaharum menjadi buper pertama di Jatim yang dikelola oleh Kwartir Cabang Pramuka Lumajang yang diketuai oleh Bunda Indah, Wakil Bupati Lumajang. ”Bumi perkemahan ini merupakan ide ibu Wakil Bupati, ini sudah dilaporkan kepada Gubernur bahwa ini akan menjadi ikon dan kebanggan di Jawa Timur,” ujarnya.

Selain itu, Bunda Indah juga menuturkan bahwa menanam pohon merupakan gerakan yang mulia. Ia menjelaskan bahwa menanam 1 pohon dapat menyelamatkan 2 nyawa setiap harinya. ”Hari ini kita sedekah oksigen, 1 pohon cukup memberikan oksigen kepada 2 orang, jadi kalau menanam 1 pohon saja berarti sudah sedekah oksigen kepada 2 orang setiap harinya,” tutur Bunda Indah.(mz zoe)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>