UJIAN TAHFIDZ MA’HAD DARUL QUR’AN MAN LUMAJANG

IMG_0647

Ma’had Tahfidz Darul Qur’an merupakan lembaga pendidikan berbasis Al-Qur’an yang dibangun di atas pondasi iman dengan asas Al-Qur’an dan Assunnah serta berupaya melahirkan generasi muslimah berjiwa qur’ani yang siap dan setia menegakkan panji Al-Qur’an dan sunnah Rasulullah pada diri, keluarga dan umatnya. Santriwati akan ditempa menjadi muslimah sholihah yang hafal 30 juz, beraqidah lurus, berakhlaq mulia dan menjadi tauladan yang baik serta siap berdakwah dalam kebenaran dan kesabaran. Ma’had ini berdiri sejak Tahun 2017 yang sampai saat ini masih eksis dalam membina dan mendidik serta menjadikan alumni yang berwawasan Qur’ani.

IMG_0665

Tepat pada hari rabu 27 Januari 2021 bertempat di Islamic Centre MAN Lumajang dilaksanakan Ujian Tahfidz tertutup dengan bermaterikan satu Juz di Al Qur’an. Terdapat 10 santriwati dan 5 penguji dari Ustadz dan Ustadzah MAN Lumajang yang berkompeten dalam bidang Al Qur’an. Menurut Ustadzah Mas’illah, pengasuh Ma’had kegiatan ini dilaksanakan bertujuan sebagai awal pertemuan para santri yang sempat terhenti karena adanya Pandemi Covid 19. “Kegiatan ini sekaligus sebagai pemantapan para santriwati dalam menjaga hafalan Al Qur’annya” tutur beliau.

IMG_0653

Sebelum pandemi melanda negeri ini, kegiatan ini sangat rutin dilaksanakan disetiap harinya santriwati harus melakukan setoran hafalan minimal satu lembar Al Qur’an sehingga dalam 2 atau 3 tahun belajar, santriwati bisa menghafal sampai 30 Juz Al Qur’an, Kurikulum di yang diterapkan di Ma’had Tahfidz Darul Qur’an dirancang lebih menekankan kepada Al-Qur’an baik bacaan, hafalan, tadabbur dan pengamalannya yang ditunjang dengan ngaji beberapa kitab-kitab pesantren diantaranya pengajian kitab kuning dan kitab pesantren yang lain. (mz zoe)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>