MAN Lumajang-Sebagai madrasah dengan model pondok pesantren terpadu, tentu menjadikan MAN Lumajang melakukan kegiatan yang berbasis pesantren. Hal ini diaplikasikan dalam kegiatan keagamaan yang selalu digelar di gedung Islamic Center.

Setiap hari Jum’at selalu dilaksanakan kegiatan Jum’at berkah. Jum’at berkah sendiri berisi kegiatan keagamaan, seperti ceramah agama, sholawat, maupun furudhul ‘ainiyah. Kegiatan ini sebagai bentuk implementasi dari visi madrasah tentang taqwa.

Dengan kegiatan ini siswa diharapkan dapat mengaplikasikannya baik disekolah maupun dimasyarakat. Bagi MAN Lumajang kegiatan ini penting untuk bekal siswa ketika sudah menyelesaikan pendidikannya. Tak luput dari latar belakang pendidikan, tentu dimasyarakat menjadi pertanyaan apabila produk madrasah tidak dapat melaksanakkan kegiatan keagamaan.

Pada hari Jum’at 05 Agustus 2022 dilaksanakan kegiatan Jum’at berkah. Kegiatan ini dilaksanakan dengan runtutan kegiatan yakni sholat sunnah dhuha kemudian sholat sunnah hajat dan dilanjutkan kegiatan Jum’at berkah. Kegiatan Jum’at berkah tahun ini dengan memunculkan gagasan baru yakni Gerakan Membangun Surga di Madrasah. Gerakan Membangun Surga di Madrasah berkonsep infaq seikhlasnya yang diterapkan dikelas X (sepuluh). Kegiatan ini bertujuan untuk melatih siswa dalam membekali diri untuk kehidupan akhiratnya.

Gerakan Membangun Surga di Madrasah dilaksanakan dikelas X (sepuluh) dengan dikomandoi ketua kelas dan bendahara kelas, yang selanjutnya pada setiap bulan dilaporkan kepada pembimbing akademik, kemudian dikumpulkan kepada bendahara infaq madrasah. Setelah selesai pelaporan kepada bendahara infaq madrasah, setiap koordinator kelas akan mendapat lembaran baru untuk pencatatan infaq selanjutnya.

“ketika sudah akhir bulan lembaran catatan pembayaran beserta uang infaq akan dikumpulkan ke bendahara madrasah dan koordinator kelas mendapat lembar catatan yang baru lagi,” tutur Ustadz Muhammad Syaikhul Hadi, M.Pd di Islamic Center Jum’at (05/08/2022).

Semoga Gerakan Membangun Surga di Madrasah dapat menjadikan siswa semakin meningkatkan bekalnya untuk kehidupan akhiratnya.(TF)

Leave a Comment