MAN Lumajang-Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) yang sudah menjadi program setiap perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang harus dilaksanakan oleh seluruh mahasiswa sesuai dengan ketentuan perkuliahan.

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) disebut juga praktik pembelajaran, dan kegiatan lain yang ada kaitan dengan proses pembelajaran di sekolah, semua kegiatan tersebut dilakukan secara terbimbing untuk memenuhi standar profesi keguruan. PPL juga merupakan pengaplikasian dari perkuliahan yang berbasis teori ke praktik, sehingga dapat diketahui sejauh mana pendalaman materi yang dipahami mahasiswa ketika pelaksanaan pembelajaran.

Pada hari Kamis 11 Agustus 2022 MAN Lumajang menerima kunjungan dari IAI Syarifudin Lumajang dalam rangka monitoring kegiatan mahasiswa PPL II. Kegiatan dilaksanakan pukul: 09:00 s/d pukul: 10:00 wib yang bertempat diruang aula asrama putri MAN Lumajang.

Kegiatan ini dihadiri Rektor IAI Syarifudin beserta jajaran dan dari MAN Lumajang dihadiri Waka Humas, Waka Sarpras, Waka Kesiswaan dan guru pamong.

Kegiatan monitoring berisi pembukaan, sambutan Kepala MAN Lumajang yang diwakilkan Waka Humas, sambutan Rektor IAI Syarifudin Lumajang beserta arahan-arahan yang ditujukan kepada mahasiswa PPL II.
Mahasiswa PPL tidak hanya terlibat untuk pelaksanaan praktek pembelajaran saja, namun juga terlibat dalam kegiatan yang diadakan oleh madrasah.

“kalau ada jam kosong kita minta bantuan teman-teman ppl untuk mengisi, dan kita libatkan juga untuk kepanitiaan diacara agustusan,” tutur Ustadz Zainal Arifin Waka Humas dalam sambutannya.

Mahasiswa ppl juga diberikan tugas untuk menyusun rpp sebagai pedoman pelaksanaan pembelajaran dikelas.

“sejauh ini sudah kami sampaikan kepada mahasiswa ppl untuk membuat rpp,”tutur Ustadz Muhammad Syaikhul Hadi guru pamong.

Rektor IAI Syarifudin Lumajang menyampaikan sambutan dan pemberian arahan kepada mahasiswa ppl untuk memaksimalkan kegiatan ppl ini, agar diperoleh hasil yang maksimal. Karena nantinya laporan dari hasil ppl begitu banyak sehingga harus benar-benar banyak kegiatan yang dilakukan.

“kalian harus paham dan berproses yang maksimal di MAN, jangan ada yang nganggur,” tutur Ustadz Drs. H. Satuyar Mufidz, M.A. Rektor IAI Syarifudin Lumajang Kamis (11/08/2022). (TF)

Leave a Comment