MAN Lumajang-Pendidikan nasional adalah pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan nasional Indonesia dan tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman. Sistem pendidikan nasional adalah keseluruhan komponen pendidikan yang saling terkait secara terpadu untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.

Pendidikan keagaman untuk setiap jenjang tentu menjadi penting untuk diberikan mulai dari jenjang TK, SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA, hingga Perguruan Tinggi. Hal ini untuk mewujudkan peserta didik yang berkarakter, berakhalak, berbudi pekerti luhur, serta berguna bagi agama, masyarakat, nusa dan bangsa.

Setiap Jum’at, MAN Lumajang melaksanakan kegiatan rutin Jum’at berkah. Pada Jum’at 26 Agustus 2022 bertempat di Islamic Center MAN Lumajang setelah sholat dhuha dilanjutkan dengan pengisian kultum yang disampaikan oleh salah satu siswi kelas XII agama.

Rayyan Aulia Rohadatul ‘Aiss kelas XII Agama yang pagi ini menjadi sorot perhatian teman-temannya, juga para ustadz dan ustadzah. Siswa Kelas XII agama ini mendapat tugas untuk menyampaikan sebuah Kultum ( Kuliah Tujuh Menit ) dan pagi ini Rayyan menyampaikan tentang amar ma’ruf nahi mungkar.

Rayyan pagi itu dihadapan seluruh teman-temannya dari semua Kelas dengan baik menyelesaikan tugasnya. Tema ini diambil dari bab pelajarannya kemudian ia kembangkan dengan bahasanya sendiri.

“kultum ini saya sampaikan dari bab pelajaran saya khususnya dikelas agama tentang amar ma’ruf nahi mungkar,” ujar Rayyan Aulia Rohadatul ‘Aiss siswi kelas XII agama.

Setelah kultum selesai dilanjut dengan doa yang dpimpin ustadz Abdillah. Sekaligus penutup untuk kegiatan Jum’at berkas pagi hari ini. Jum’at (26/08/2022). (TF)

Leave a Comment