MAN Lumajang-Tilawatil Qur’an merupakan membaca Al-Qur’an dengan bacaan yang menampakkan huruf-hurufnya dan berhati-hati dalam melafadzkan agar lebih mudah untuk memahami makna-makna yang terkandung di dalam Al-Qur’an.

Kegiatan ini dikhususkan pada siswa kelas X dan kelas XII, yang dilaksanakan setiap hari Senin, Selasa, Rabu, dan Jum’at. Untuk siswa dengan kategori C melaksanakan kegiatan tilawati di Islamic Center , dan untuk siswa dengan kategori A dan B melaksanakan kegiatan tilawati di kelas masing-masing dengan penambahan kegiatan ibadah.

Program kegiatan ini merupakan bagian dari furudhul ‘ainiyah yang dilaksanakan memiliki batas waktu sejak bulan Agustus, September hingga Oktober. Karena siswa yang tidak mampu menyelesaikan pembelajaran bimbingan tilawati dalam waktu yang telah ditentukan tetap harus menyelesaikannya hingga benar-benar mampu menguasai pembacaan al-quran dengan baik.

“siswa ditargetkan dapat menyelesaikan bimbingan tilawati qur’an ini hanya 3 bulan, bulan Agustus, September sampai Oktober,” ujar ustadz Syaikhul Hadi penanggung jawab kegiatan.

Harapan dari adanya program ini adalah untuk menjadikan output MAN Lumajang sudah benar-benar menguasai pembacaan al-qur’an dengan benar sesuai kaidah-kaidah tajwid.  Rabu (31/08/2022). (TF)

 

Leave a Comment