7 PRAMUKA TERBAIK MAN LUMAJANG DILANTIK MENJADI PRAMUKA GARUDA

ae15882743ab42c6b3230cde8ce1cac3

Pramuka Garuda ialah tingkatan tertinggi dalam setiap golongan Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega. Pramuka Garuda diatur dalam Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 101 tahun 1984 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka Garuda. Seorang peserta didik yang telah mencapai tingkatan terakhir dalam golongannya, dan telah memenuhi persyaratan untuk menjadi Pramuka Garuda, berhak mengajukan permohonan kepada Kwartir melalui pembina gudepnya untuk dapat mengikuti uji kelayakan untuk dapat naik ke tingkatan Garuda. Setelah mengajukan permohonan, Kwartir akan mengevaluasi peserta didik itu tentang kelayakan, baik dalam segi mental, ataupun sisi kelayakan persyaratan. Setelah dinilai cakap dan memenuhi persyaratan, calon Pramuka Garuda akan wawancarai oleh tim penguji yang terdiri dari tokoh kwartir, gugus depan, guru, orang tua, dan tokoh masyarakat.

scoutofpramanja-___CNAWpNgFBiz___-2

Dalam hal ini Pramuka MAN Lumajang mengirimkan Kader terbaiknya untuk menjadi Pramuka Tertinggi di tingkatan Pramuka yakni Pramuka Penegak Garuda dengan di ikuti oleh 7 Pramuka terbaiknya. Diantaranya Bilqis Addieny Salsabila, Vito Tri Alfan, Muhammad Ilham Asshiddiqi, Umi Alfiaturrohmah, Anisatul Mufidah, Mafirdaus Wijaya dan Agung Prasetya. Melalui proses yang panjang akhirnya mereka dilantik pada hari Sabtu, 27 Maret 2021 di Joglo Bumi Perkemahan Glagaharum Senduro Lumajang oleh Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Lumajang yang juga Wakil Bupati Lumajang yakni kak Ir. Hj. Indah Amperawati, M.Si.

scoutofpramanja-___CNAWpNgFBiz___-5

Hadir juga dalam menyaksikan prosesi pelantikan tersebut Ketua Majelis Pembimbing Gugusdepan Pramuka MAN Lumajang yaitu Kak Edi Nanang Sofyan Hadi, S.Ag, M.Pd. Menjadi kebanggan tersendiri bagi MAN Lumajang umumnya dan Pramuka MAN Lumajang pada khususnya. ” ini momentum yang sangat baik yang bisa menjadikan nilai plus nanti ketika adanya Lomba Gugusdepan Unggul, apalagi kita tahun ini mengirimkan peserta yang paling banyak diantara seluruh gugus depan yang mengirimkan Pramuka Garudanya.” tutur beliau. Selain itu hadir pula Ketua Gugus Depan KH. Agus Salim yaitu Kak Rohmad, MA yang sudah mengawal adik-adik Pramuka MAN Lumajang bisa mencapai tingkatan tertinggi dalam Pramuka tersebut. (Mz zoe)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>