Apakah virus komputer itu?

Virus komputer merupakan program perangkat lunak kecil yang menyebar dari satu komputer ke komputer lain dan mengganggu pengoperasian komputer. Virus komputer dapat merusak atau menghapus data di sebuah komputer, menggunakan program email untuk menyebarkan virus ke komputer lain, atau bahkan menghapus apa pun yang ada di dalam hard disk.

Virus komputer seringnya menyebar melalui lampiran pesan email atau pada pesan instan. Oleh karena itu, Anda tidak boleh membuka lampiran email kecuali jika Anda mengetahui siapa yang mengirim pesan atau kecuali jika Anda memang mengharapkan lampiran email. Virus dapat menyamar sebagai lampiran gambar lucu, kartu ucapan, atau file audio dan video. Virus komputer juga menyebar melalui unduhan di Internet. Virus dapat bersembunyi di dalam perangkat lunak bajakan atau di file lainnya yang Anda unduh.

Apakah worm itu?

Worm merupakan kode komputer yang menyebar tanpa interaksi pengguna. Sebagian besar worm dimulai sebagai lampiran email yang menginfeksi komputer ketika dibuka. Worm akan memindai komputer yang terinfeksi untuk mencari file, contohnya buku alamat atau halaman web sementara yang berisi alamat email. Worm menggunakan alamat email tersebut untuk mengirim email yang terinfeksi, dan sering meniru (atau mengalihkan) Alamat “Dari” dalam pesan email sehingga pesan yang terinfeksi tersebut nampak seolah dari seseorang yang Anda kenal. Kemudian worm akan menyebar secara otomatis melalui pesan email, jaringan, atau kerentanan sistem operasi, dan seringnya memenuhi sistem-sistem tersebut sebelum penyebabnya diketahui. Worm tidak selalu merusak komputer, tetapi biasanya menyebabkan masalah komputer dan kinerja jaringan serta stabilitas.

Apakah kuda troya itu?

Kuda troya merupakan program perangkat lunak berbahaya yang bersembunyi di dalam program lain. Program ini memasuki komputer dengan bersembunyi di dalam program yang sah, seperti screen saver. Kemudian dia akan menaruh kode ke dalam sistem operasi yang memungkinkan hacker untuk mengakses komputer yang terinfeksi. Kuda troya biasanya tidak menyebar sendiri. Mereka disebar oleh virus, worm, atau perangkat lunak yang diunduh.

Apakah spyware itu?

Spyware dapat diinstal ke dalam komputer tanpa sepengetahuan Anda. Program ini dapat mengubah konfigurasi komputer Anda atau mengumpulkan data iklan dan informasi pribadi. Spyware bisa melacak kebiasaan pencarian internet dan juga dapat mengarahkan browser web Anda ke situs-situs yang berbeda dari yang Anda ingin kunjungi.

 

Sumber : Microsoft

Leave a Comment