CEK LOKASI PENERBITAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN (IMB) ASRAMA MAN LUMAJANG

IMG_1534Dalam setiap perencanaan pembangunan harus dibuatlah master plan agar bangunan yang akan dilaksanakan dapat berjalan sesuai renacana dan meminimalkan resiko kerja yang terjadi. Hal ini sangat dipandang perlu mengingat master plan harus dibuat secara rinci, detail dan matang. Untuk itu sesuai aturan pemerintah bahwa setiap pembangunan harus memerlukan izin pendirian bangunan atau yang biasa dikenal dengan Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Izin Mendirikan Bangunan atau biasa dikenal dengan IMB adalah perizinan yang diberikan oleh Kepala Daerah kepada pemilik bangunan untuk membangun baru, mengubah, memperluas, mengurangi, dan/atau merawat bangunan sesuai dengan persyaratan administratif dan persyaratan teknis yang berlaku.

IMB merupakan salah satu produk hukum untuk mewujudkan tatanan tertentu sehingga tercipta ketertiban, keamanan, keselamatan, kenyamanan, sekaligus kepastian hukum. IMB akan melegalkan suatu bangunan yang direncanakan sesuai dengan Tata Ruang yang telah ditentukan. Selain itu, adanya IMB menunjukkan bahwa rencana kostruksi bangunan tersebut juga dapat dipertanggungjawabkan dengan maksud untuk kepentingan bersama.

IMG_1536

Hal ini terbukti dengan adanya Cek Lokasi dalam penerbitan IMB oleh tim yang sudah dibentuk melalui Kantor Pelayanan Terpadu (KPT) Kabupaten Lumajang hari Selasa, 10 Agustus 2021 dengan melihat kondisi pembanguanan Asrama MAN Lumajang serta mengumpulkan data-data yang dibutuhkan.

” Setelah kami melakukan pengecekan lokasi pembangunan, kami nantinya akan mengkoordinasikan bersama tim dan pihak terkait untuk melakukan penerbitan IMB tesrsebut,.” tutur Bapak Nukhi salah satu dari tim IMB tersebut. (mz zoe)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>