DONOR DARAH ORGANISASI KESEHATAN MAN LUMAJANG

P_20200118_090258

Penyumbang darah atau pendonor darah adalah proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela untuk disimpan di bank darah sebagai stok darah untuk kemudian digunakan untuk transfusi darah. Terdapat dua jenis donor darah, yaitu donor darah pengganti, dan donor darah langsung.

Penyumbangan darah biasa dilakukan rutin di Unit Donor Darah (UDD) PMI Pusat maupun Unit Donor Darah di daerah. Dan setiap beberapa waktu, ada pula penggalangan penyumbangan darah yang diadakan di tempat-tempat keramaian, seperti di pusat perbelanjaan, perusahaan tempat ibadah, serta sekolah dan universitas secara sukarela. Pada acara ini, para calon penyumbang datang dan menyumbang tanpa harus mengkhususkan diri mendatangi pusat penyumbangan darah dengan memanfaatkan sistem informasi atau secara online. Selain itu, bank darah sudah mobil penyumbangan darah (mobile unit) yang digunakan untuk tempat menyumbang.

P_20200118_094747P_20200118_085557

Dalam rangka merealisasikan hal tersebut Organisasi Kesehatan MAN Lumajang melaksanakan kegiatan Donor Darah pada hari Sabtu, 18 Januari 2020 bertempat di Ruang UKS MAN Lumajang. Kegiatan ini diikuti oleh Beberapa ustadz dan Ustadzah serta siswa-siswi MAN Lumajang yang memenuhi persyaratan mengikuti Donor Darah. Dari 53 pendaftar, panitia penyelenggara yang bekerjasama dengan PMI Kabupaten Lumajang mendapatkan 29 Kantong Darah.

“Kegiatan ini berlangsung tiap semester dan alkhamdulillah selalu ada saja yang donor darah sehingga mampu membantu saudara” kata Ustadzah Hikmah Luluk selaku pembina Organisasi Kesehatan. (mz zoe)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>