KUNJUNGAN KOPERASI AL BAROKAH KE KOPMA UM MALANG

IMG-20200312-WA0010

Kamis, 13 Maret 2020, Pengurus Koperasi Al Barokah bersama Pengurus OSIM MAN Lumajang melakukan program studi banding di KOPMA UM Malang. Yang ikut rombongan sebanyak 45 peserta dan 10 pendamping. Dalam sambutan penerimaan rombongan dari MAN Lumajang, Jefri Dwi Rojabi ” KOPMA UM adalah koperasi yang ada di UM yang sudah berbadan hukum yang memiliki 5 bidang” kata Ketua KopMa UM. Prestasi yang pernah diraih tahun 2019 juara umum 3 pekan koperasi 2019 uin Jakarta, penghargaan koperasi berprestasi Tingkat Nasional.m 2019. Sambutan Kepala MAN Lumajang diwakili Edi Nanang Sofyan Hadi selaku Waka Humas mengatakan bahwa ” menyiapkan generasi emas, harus di mulai dari motivasi generasi muda untuk mandiri dalam berkarya. Karena saatnya yang muda berkarya “. Interprenuare merupakan tuntutan sosial kemasyarakatan yang harus disiapkan mulai sejak dini.
Dimas Nugroho selaku Kabid kominfo KopMa UM menyampaikan KopMa berdiri tahun 1978 dengan nama TOKEMA, tahun 1988 menjadi KOPMA IKIP Malang, 2001 menjadi KOPMA UM yang memiliki 5 bidang pertama : admum, kedua : keuangan (membuat neraca keuangan, pembukaan), ketiga : usaha (coopmart, coopsnack, cooprint, coopcanteen, cooprent), keempat : PSDA (Pengembangan sumber daya anggota dalam bentuk RAT, open house KOPMA UM), kelima : Komunikasi dan informasi sebagai media untuk menyampaikan informasi ke khalayak ramai. ” Semua mahasiswa yang berangkat dari kopsis untuk menjadi KOPMA lebih banyak yang berprestasi ” kata Dimas.
Sesuai dengan arahan Menteri Pendidikan, Nadim ” kita menyiapkan SDM yang memiliki skill handal, siap bersaing, menjadi tuan rumah di negeri sendiri.
Tujuan study banding ke KOPMA UM Malang, agar anggota koperasi Al Barokah MAN Lumajang memiliki Cakrawala baru mengenai koperasi yang ada di perguruan tinggi. ” Meskipun unit usaha yang dimiliki koperasi Al Barokah MAN Lumajang hanya 3 terdiri dari unit usaha snacks, unit usaha fotocopy, termasuk rental mobil sebagai pengembangan usaha baru ” kata Rizki Rama duta selaku pendamping koperasi siswa Al Barokah. Tujuan koperasi al barokah adalah menerapkan asas kekeluargaan atas kebutuhan anggota. (Edy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>