MASA TARUF SISWA MADRASAH (MATSAMA) VIRTUAL MAN LUMAJANG TP. 2020/2021

IMG_9488

Masa Ta’aruf Siswa Madrasah yang lebih dikenal dengan MATSAMA adalah masa atau waktu yang disediakan oleh Madrasah Penerima Peserta Didik Baru untuk memfasilitasi Peserta Didik Baru untuk saling mengenal antar peserta didik baru, lingkungan sekolah baru, guru dan hal lain yang terkait dengan Madrasah.

Dalam rangka memasuki tahun ajaran baru 2020-2021, diperlukan adanya regenerasi siswa untuk mengisi kekosongan siswa-siswi kelas XII tahun ajaran 2019-2020 yang telah lulus. Maka dari itu diperlukan adanya Penerimaan Siswa Baru. Hasilnya terseleksi lebih dari 200 siswa-siswi baru yang akan menjadi aggota baru di MAN Lumajang pada tahun ajaran 2020-2021. Untuk menyambut kehadiran siswa-siswi baru ini, diperlukan adanya pengenalan mereka terhadap lingkungannya yang baru di MAN Lumajang. Rangkaian kegiatan pengenalan ini dirangkum menjadi satu dalam kegiatan yaitu Masa Taaruf Siswa Madrasah (MATSAMA).

IMG_9508

Kegiatan Masa Taaruf Siswa Madrasah (MATSAMA) tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya dikarenakan dilaksanakan dimasa pandemi Covid 19, maka kegiatannya pun dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan yang sudah disosialisasikan oleh pemerintah sehingga materi-materi yang disampaikanpun harus singkat, padat dan jelas serta siswa hadir sesuai dengan jadwal yang sudah dibuat. Melalui Masa Taaruf Siswa Madrasah (MATSAMA) diharapkan siswa dapat mengenal dan mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan baru-nya, yaitu lingkungan MAN Lumajang sehingga apa yang menjadi Visi dan Misi sekolah dapat terwujud.

Pada hari Senin, 13 Juli 2020 dilaksanakan Pembukaan Masa Taaruf Siswa Madrasah (MATSAMA) Tahun Pelajaran 2020/2021 MAN Lumajang yang dilaksanakan secara Virtual akan tetapi sebelum pembukaan MATSAMA VIRTUAL 2020 di MAN Lumajang dilaksanakan, seluruh peserta mengikuti Pembukaan MATSAMA yang diadakan  oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur melali Live Youtube. Hadir dalam Pembukaan kali ini diantaranya Ust. H. Hasanudin, M.Pd.I (Kepala MAN Lumajang), Drs Taufiqur Rahman (Kepala Tata Usaha), Jajaran Wakil Kepala MAN Lumajang, dan Pendamping akademik semester 1 / Wali Kelas X.

IMG_9506

Dalam sambutanya Ust. Hasanudin, M.Pd.I selaku Kepala MAN Lumajang menyampaikan bahwa MATSAMA tahun ini terkesan istimewa ” Walau kita diatur oleh jarak karena di masa pandemi ini, namun MATSAMA dan KBM nanti tetap berlajut dengan konsep Virtual.” Ust. Drs. H. Zainal Arifin, MA selaku ketua panitia menyampaikan dalam sambutanya ” Kalian adalah anak-anak terhebat dengan meilih MAN Lumajang sebagai tepat kalian menuntut ilmu karena tidak hanya belajar ilmu dunia tapi natinya kalian akn dipelajari ilmu akhirat atau ilmu agama”.

MATSAMA tahun ini dilaksanakan selama 3 hari Mulai tgl 13 s.d 15 Juli 2020 dengan sistem Virtual atau Daring melalui live Zoom Meeting, Live Facebook, Live Instagram dan Live Youtube MAN Lumajang. (mz zoe)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>