PEMAPARAN PROGRAM UNGGULAN MAN LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

IMG20210621091338[1]

Tak dapat dipungkiri, setiap hari pasti memiliki beberapa program unggulan yang dimiliki, hal ini dikarenakan berbagai sebab antara lain pergantian periode kepemimpinan, pergantian tahun kerja, pergantian kepemimpinan dalam suatu instansi dan banyak lagi yang lainnya. Hal tersebut juga dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Lumajang yang juga merupakan Madrasah Aliyah Negeri satu-satunya di kabupaten Lumajang tak henti-hentinya melakukan inovasi agar mampu bersaing dengan sekolah dan madrasah yang lainnya baik dari luar negeri maupun swasta.

Program Pemaparan Unggulan ini dilaksanakan pada hari Senin, 21 Juni 2021 di Aula Lt.II Madrasah terpadu Pondok Pesantren Model (MADU MPP) MAN – MTsN 1 Lumajang yang dihadiri oleh Kepala MAN Lumajang, Komite MAN Lumajang, Tim Pengembang Kurikulum MAN Lumajang, Kepala Tata Usaha, jajaran Wakil Kepala Madrasah serta ustadz dan ustadzah MAN Lumajang. 
Kepala MAN Lumajang ust. Edi Nanang Sofyan Hadi menyampaiakan bahwa MAN Lumajang memiliki 4 Program unggulan di tahun Pelajaran 2021/2022 yaitu :

1. Tahfidzul Qur’an

Program ini menjadi alasan sebagai program unggulan karena MAN Lumajang memiliki harapan ketika nanti santri/santriwati MAN Lumajang lulus bisa menjadi insan yang bermanfaat bagi masyarakat dan menjadi generasi Qur’ani serta akan menjadi anak yang Sholeh dan Sholikha.

2. Furudhul Ainiyah

Furudhul Ainiyah merupakan gerakan madrasah untuk membentuk peserta didik sebagai individu yang berkarakter dan berkepribadian Islam. Kegiatan ini bertujuan menjadikan Furudhul Ainiyah sebagai ruh dan fondasi pendidikan melalui harmonisasi olah hati (etik dan spiritual), olah rasa (estetik), olah pikir (literasi dan numerasi), dan olah raga (kinestetik) serta Merevitalisasi dan memperkuat kapasitas ekosistem pendidikan (kepala madrasah, guru, peserta didik, pengawas dan komite madrasah)

3. Ketrampilan dan Sistem Kredit Semester (SKS)

Program ini bertujuan memberikan bekal kepada peserta didik dalam keilmuan dan keterampilan setelah lulus dan menjadi siswa/siswi MAN Lumajang. Sedangkan SKS merupakan Program percepatan dimana siswa/siswi dapat menempuh pendidikan 6 semester dalam jangka waktu 2 tahun.

Ada banyak sekali program keterampilan di MAN Lumajang diantaranya : Program Teknologi Komputer dan jaringan, Multimedia, Kriya Batik, Tata Busana, Jurnalistik, Robotika dan banyak lagi yang lainnya.

4. Prestasi Akademik dan Non Akademik

Program ini sudah tak asing lagi bagi dunia pendidikan pendidikan. MAN Lumajang menjadikan program unggulan ini agar mampu mendulang prestasi dan pengetahuan ilmu akademik ataupun minat bakat peserta didik. Selain itupula program ini juga bertujuan mengantarkan peserta didik saat lulus nanti mampu diterima diperguruan tinggi Negeri atau Swasta favorite atau bahkan sampai keluar negeri.

“Pemaparan Program ini disampaikan oleh masing-masing Penanggung jawab program dan akan dikritisi oleh Tim Pengembang kurikulum MAN Lumajang yang nantinya apabila paparan program ini fix akan disampaikan kepada seluruh Civitas Akademika MAN Lumajang ” tutur Kepala MAN Lumajang ( mz zoe )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>