PEMBINAAN DAN PENINGKATAN KOMPETENSI KEAGAMAAN SANTRI-SANTRIWATI MAN LUMAJANG

IMG_0931

Laboratorium Agama MAN Lumajang merupakan wadah pembinaan pembentukan karakter berupa akhlak yang baik kepada santri dan santriwati di MAN Lumajang baik dalam hal ibadah maupun pelaksanaan keagamaan yang lain. Laboratorium Agama juga menerapkan Program Madrasah yakni Program Gerakan Furudhul ‘Ainiyah (GEFA)  yang merupakan gerakan madrasah untuk pembentukan peserta didik sebagai individu yang berkarakter dan berkepribadian Islam.Kondisi di lapangan tujuan Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah tersebut belum sepenuhnya tercapai dengan baik. Indikator dari belum sepenuhnya tercapai tujuan PAI di Madrasah, antara lain:Dari aspek sikap (Afektif), sebagian lulusan madrasah masih belum memiliki sikap spiritual dan sikap sosial yang diharapkan.Dari aspek pengetahuan (Kognitif), nilai rata-rata UAMBD dan UAMBN masih di bawah standar.Dari aspek keterampilan (Psikomotor), sebagian lulusan madrasah belum terampil melakukan sesuatu yang sudah dipelajari di Madrasah (seperti; praktik baca tulis Al Qur’an, praktik wudhu, praktik shalat dan praktik ibadah lainnya).

IMG_0936

Sejak 15 Februari 2021 hingga 12 Maret 2021 Laboratorium Agama MAN Lumajang gencar melaksanakan Programnya yang bertajuk PEMBINAAN DAN PENINGKATAN KOMPETENSI KEAGAMAAN dengan sasaran santri dan santriwati kelas X dan XI MAN Lumajang. Kegiatan yang dilakasanakan di Islamic Centre MAN Lumajang ini berlangsung setelah Pembelajaran Tatap Muka Terbatas dilaksanakan yakni mulai pukul 10.15 WIB sampai Pukul 12.00 WIB di iikuti sesuaijadwal kehadiran Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di MAN Lumajang.

Adapun dengan jadwal pembinaan sebagai berikut :

Materi Bab Akhlak dilaksanakan pada tanggal 15 s.d 18 Februari 2021 dengan Narasumber :

  1. Ustadz Fatkhul Huda, S.Pd.I
  2. Ustadz Syaikhul Hadi, S.Pd.I
  3. Ustadz Humaidi Al Ansori, S.Hi
  4. Ustadz Abdur Rohman S.Pd.I

Materi Bab Syariat dan Hakikat Ibadah Sholat yang dilaksanakn pada tanggal 3 s.d 4 Maret 2021 dengan Narasumber :

  1. Ustadzah Dra. Mas’illah
  2. Ustadz Syaikhul Hadi, S.Pd.I
  3. Ustadz Abdur Rohman S.Pd.I

Pemetaan Kompetensi Membaca Al – Qur’an yang dilaksanakan pada saat kegiatan Belajar Mengajar dimulai pada tanggal 8 s.d 12 Maret 2021 dengan petugas dari Laboratorium Agama MAN Lumajang.

Menurut Ustadz Syaikhul Hadi yang merupakan salah satu Pengurus Laboratorium Agama menyampaikan tujuan dilaksanakan kegiatan ini agar kompetensi keagamaan bagi santri dan santriwati di MAN Lumajang dari yang baik menjadi lebih baik dan semakin meningkat. ” Kami selalu berusaha maksimal dengan harapan agar santri dan santriwati MAN Lumajang berakhlakul karimah baik di Madrasah maupun saat di Masyarakat” ucap beliau saat di wawancarai  Tim Divisi Humas MAN Lumajang. (mz zoe)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>