PENANAMAN TANAMAN OBAT KELUARGA (TOGA) BHAKTI ORGANISASI KESEHATAN KEPADA MADRASAH

IMG-20210828-WA0038

Tanaman obat keluarga (disingkat TOGA) adalah tanaman hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat. Taman obat keluarga pada hakekatnya adalah sebidang tanah, baik di halaman rumah, kebun ataupun ladang yang digunakan untuk membudidayakan tanaman yang berkhasiat sebagai obat dalam rangka memenuhi keperluan keluarga akan obat-obatan. Kebun tanaman obat atau bahan obat dan selanjutnya dapat disalurkan kepada masyarakat, khususnya obat yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.

Untuk mengelola dan memanfaatkan hasil TOGA tersebut, Organisasi Kesehatan MAN Lumajang bergerak dengan melaksanakan program kerjanya lewat Pembinaan Lingkungan Sehat menyelenggarakan Giat Tanam Tanaman Toga pada hari Sabtu, 28 Agustus 2021.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ust. Edi Nanang Sofyan Hadi selaku Kepala MAN Lumajang, Wakamad Bidang Kesiswaan Ust. Nanang Wahyudi dan Ust. Abdul Muizul Setiawan selaku Pembina Organisasi Kesehatan serta seluruh peserta yang berjumlah 37 peserta dengan tetap melaksanakan Protokol kesehatan pencegahan Covid 19.

IMG-20210828-WA0030

Dalam sambutan di Open Ceremony kegiatan, Ust. Edi Nanang menyampaikan apresiasinya kepada Organisasi Kesehatan dalam pelaksanaan Giat Tanam Toga ini, ” Setelah menanam tugas kita adalah merawatnya dan bagaimana nanti bisa memproduksi dari hasil manfaat TOGA ini baik berupa jamu, kapsul, minuman atau makanan dari tanaman yang kita tanam hari ini” tutur beliau. (mz zoe)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>