PENILAIAN PIGP MADRASAH OLEH PENGAWAS MA KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN LUMAJANG

IMG_9253

PIGP singkatan dari Program Induksi Guru Pemula adalah sebuah kegiatan orientasi, pelatihan ditempat kerja, pengembangan dan praktik pemecahan berbagai permasalahan dalam profesi guru pemula pada sekolah/madrasah ditempat tugasnya. Tujuan PIGP yaitu untuk membimbing guru pemula agar dapat :

1)      Beradaptasi dengan iklim kerja dan budaya sekolah/madrasah

2)      Melaksanakan pekerjaannya sebagai guru profesional disekolah/madrasah

PIGP dilaksanakan di satuan pendidikan tempat guru bertugas. Lama pelaksanaan PIGP adalah 1 tahun dan dapat diperpanjang selama satu tahun. Peserta PIGP antara lain :

1)      Guru pemula berstatus CPNS yang ditugaskan pada sekolah/madrasah yang diselenggarakan oleh pemerintah atau pemerintah daerah

2)      Guru Pemula berstatus PNS mutasi dari jabatan lain

3)      Guru pemula bukan PNS yang ditugaskan pada sekolah/madrasah yang diselenggarakan oleh masyarakat

IMG_9266

IMG_9267

PIGP menjadi syarat bagi CPNS dan PNS Mutasi dari jabatan lain sebagai salah satu syarat pengangkatan jabatan, bagi guru pemula yang bukan PNS sebagai salah satu syarat pengangkatan jabatan guru tetap.

Senin, 22 Juni 2020 bertempat di Kelas XII MIPA 1 MAN Lumajang dilaksanakan kegitan tersebut dengan dihadiri oleh Plt. Kasi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Lumajang yaitu Dr. H. Musta’in Billah, M.Pd.I serta Pengawas Madrasah Aliyah Dra. Hj. Nur Habibah, MA dan juga Kepala MAN Lumajang H. Hasanudin, M.Pd.I. Kegiatan ini diikuti oleh 4 Peserta Guru MAN Lumajang yang berstatus sebagai CPNS yaitu : Ust. Febry Satya Wibawa Husein, M.Pd sebagai Guru Sejarah Indonesia, Ustadz Humaidi Al Ansory, S.Pd.I sebagai guru Fiqih, Ustadzah Nova Artika, S.Pd sebagai guru Sejarah Indonesia dan Ustadzah Purisa Agung, S.Pd guru Bahasa Arab. Hadir pula dalam kegiatan tersebut sebagai pendamping diantaranya Ustadz edi Nanang Sofyan Hadi, M.Pd yang menjadi pendamping dari Guru Fiqih, Ustadz H. Zainal Arifin, MA yang menjadi pendamping Guru Bahasa Arab dan Ustadz Sapta Mohammad Sholeh, S.Pd sebagai pendamping guru sejarah Indonesia. (mz zoe)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>